foto dari soundofmusic.web.id

foto dari soundofmusic.web.id

Karedok merupakan salah satu makanan khas Bandung, Jawa Barat. Kuliner yang juga akrab disebut keredok ini berbahan dasar sayur – sayuran mentah nan segar. Beberapa yang akan Anda jumpai dalam sebuah menu karedok antara lain taoge, mentimun, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sayur mayur tersebut kemudian disiram dengan bumbu kacang tanah yang gurih dan agak pedas.

Nama kuliner khas Sunda ini terbilang unik, beberapa sumber mengatakan bahwa makanan karedok berasal dari Desa Karedok, Kecamatan Jatigedhe, Kabupaten Sumedang.

Karena menggunakan sayur – sayuran alami dalam pembuatannya, maka karedok juga dicap sebagai makanan sehat. Misalnya taoge, bahan makanan ini dipercaya mampu membantu memperlambat proses penuaan dini, mencegah penyebaran sel kanker, meningkatkan kesuburan, baik untuk kesehatan lambung, membantu menghaluskan kulit, dan mengurangi kadar kolesterol.

Sedangkan bahan lainnya, yakni kacang panjang, juga memiliki khasiat yang tak kalah ampuh. Diantaranya dapat mengendalikan gula darah, mengatasi hipertensi, membantu meminimalisir resiko stroke, mencegah serangan jantung, dan mengatasi sembelit.

Wow, jika dilihat dari komposisi karedok khas Bandung ini ternyata gizinya banyak sekali ya !

Nah, apabila Anda ingin merasakan nikmatnya karedok, Anda bisa mengunjungi beberapa sentra kuliner Sunda di Bandung berikut ini :

tabel karedok bandung

Lumayan banyak kan pilihan tempat makannya, harganya pun bervariasi, rata – rata 30 ribu rupiah per porsi. Karedok juga memiliki beragam jenis olahan, seperti karedok sayur, karedok kacang panjang dan karedok leunca.

Karedok leunca bahannya dari buah leunca muda, dibumbui garam, terasi, kencur, gula, bawang putih, dan daun kemangi. Sedangkan karedok kacang panjang terdiri dari kacang panjang disiram bumbu garam, terasi, gula merah, kencur, asam, oncom, dan cabe. Dapat juga ditambah lalapan lain, seperti mentimun, kol serta daun kemangi.

Salah satu destinasi kuliner yang bisa Anda pilih adalah Karedok “Setan” Paladio. Disebut demikian karena karedok yang dihidangkan di sebelah tempat karaoke Paladio ini cukup pedas. Untuk menuju kesana Anda bisa menggunakan angkot berwarna hijau-orange jurusan Abdul Muis (Terminal Kebon Kelapa) menuju Terminal Elang.

Selama di Bandung Anda juga bisa mencoba beberapa kuliner lain, seperti Dapur BebekSambal Hejo, dan Cafe Halaman. Di Bandung Anda juga bisa menginap di hotel – hotel berkualitas, misalnya Vue Palace Hotel, Hotel Trio atau Endah Parahyangan Hotel.

Peta Lokasi Jalan Sudirman

View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 11 Agustus 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • karedok
  • gambar karedok
  • komposisi karedok
  • paladio karaoke bandung
  • makan karedog
  • makanan karedok
  • kuliner karedok
  • penjual karedok di surabaya
  • foto makanan karedok
  • karedok berasal dari daerah mana

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , ,