foto dari bandung.panduanwisata.id

foto dari bandung.panduanwisata.id

Kuliner ini berawal dari sebuah ketidaksengajaan, namun kini hampir semua orang mengenalnya.

Batagor merupakan makanan tradisional khas Jawa Barat yang dibuat dari tahu berbalut tepung. Nama kuliner Sunda ini diambil dari kependekan bakso tahu goreng. Sesuai akronimnya, batagor berbahan dasar bakso dan tahu, namun kini makin banyak pula kreasi barunya. Beberapa fusion batagor ditambah fillet ikan tenggiri, pangsit, telur ayam atau telur bebek. Variasi lainnya ada pula batagor disajikan bersama siomay dengan disiram bumbukacang, kecap manis, sambal, dan air perasan jeruk nipis sebagai pelengkap. Pasti lezat sekali !

Menurut berbagai sumber, asal – usul batagor sangatlah unik, karena bermula dari ketidaksengajaan. Ketika itu ada seorang penjaja bakso tahu keliling yang dagangannya kurang laku. Kemudian dia berinisiatif untuk menggoreng bakso tahu tersebut.

Kreasi “coba – coba” sang pedagang ini kemudian dibagikan kepada tetangga di sekitarnya. Tak disangka, respon yang didapat cukup positif. Melihat peluang yang besar, maka dia mulai mengembangkan bakso tahu goreng (batagor) tersebut.

Kesuksesan sang pioneer batagor khas Bandung ini membuat banyak orang yang ingin mengekor, akhirnya banyak muncul nama – nama merek dagang batagor. Sebarannya pun tak hanya seluas tanah Parahyangan saja, tapi juga sudah sampai daerah – daerah lain.

Jika kebetulan Anda sedang di Bandung, tak ada salahnya untuk mencicipi batagor di tanah kelahirannya ini. Beberapa lokasi wisata kuliner untuk mencicipi batagor antara lain :

tabel batagor bandung

Salah satu yang bisa Anda kunjungi adalah Batagor Riri. Warung makan ini terletak di Jalan Burangrang No. 41 Bandung. Tempat ini sangat unik karena di sini banyak sekali terpampang deretan foto selebritas tanah air. Karena hal tersebut, maka tak sedikit pula yang menyebut Batagor Riri adalah “batagornya artis”.

Untuk berwisata kuliner di Batagor Riri Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, cukup dengan membayar 10 ribu rupiah – 25 ribu rupiah Anda sudah bisa menikmati kelezatan batagor khas Jawa Barat. Di salah satu tempat makan favorit warga Bandung ini disediakan dua jenis batagor, yakni batagor kuah dan juga batagor kering. Batagor juga bisa dijadikan oleh – oleh, sebab mampu bertahan hingga 24 jam. Lumayan kan, selain bisa membawa buah tangan kaos – kaos distro, dapat juga dengan beberapa bungkus batagor, yummy ! Anda bisa mampir di Batagor Riri setiap hari dari pukul 09.00 -20.00 WIB.

Transportasi publik yang dapat Anda gunakan untuk menuju Jalan Burangrang No. 41 Bandung adalah angkutan kota (angkot) jurusan Cicadas – Elang.

Selama di Bandung Anda juga bisa mencoba beberapa kuliner lain, seperti Dapur BebekSambal Hejo, dan Cafe Halaman. Di Bandung Anda juga bisa menginap di hotel – hotel berkualitas, misalnya Vue Palace Hotel, Hotel Trio atau Endah Parahyangan Hotel.

Peta Lokasi Jalan Burangrang No. 41 Bandung

View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 12 Agustus 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • kreasi batagor
  • nama lain batagor
  • kreasi unik batagor
  • nama batagor unik
  • mengapa bandung banyak kreasi makanan
  • kreasi batagor unik
  • nama unik batagor
  • jenis mkanan batagor
  • batagor riri burangrang
  • nama unik untuk makanan batagor

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , ,