Wedang Ronde

Wedang Ronde blogs.itb.ac.id

Setiap sudut kota Jogja itu romantis. Begitulah ungkapan populer dari seorang tokoh nasional Indonesia, Anies Baswedan. Kini ungkapan tersebut menjadi salah satu daya tarik untuk kota cantik ini. Berbicara tentang keromantisan, sajian wedang ronde dapat menjadi pelengkapnya. Apalagi jika dinikmati di malam hari, sembari menikmati udara malam lengkap dengan taburan bintang. Umumnya penjaja wedang hangat ini mulai mendorong gerobak dengan beberapa toples kaca berisikan aneka bahan wedang ronde.

Umumnya ada dua jenis penjual wedang ronde. Yang pertama mangkal di suatu tempat dan yang kedua berkeliling pada suatu rute tertentu. Area yang sering digunakan untuk menjajakan minuman tradisional ini adalah lapangan. Beberapa tanah lapang yang dikenal menawarkan minuman ini adalah Lapangan Parasamya yang terletak di depan kantor Bupati Bantul dan Alun-Alun Kidul yang dikenal dengan permainan Masanginnya itu. Selain itu kedua tempat ini, di depan Pasar Bantul juga ada penjual wedang ronde lho travel lovers. Jadi kalau sedang blusukan di Jogja, tidak perlu bingung dimana Anda bisa menikmati minuman dengan bertoppingkan kacang bawang ini.

Wedang Ronde

Wedang Ronde alexander1983.wordpress.com

Umumnya wedang ronde dijual dengan harga 3 hingga 5 ribu rupiah saja setiap porsinya, tergantung dimana dan sedang ada event apa di sekitar tempat yang menjual wedang ronde itu sendiri. Wedang ronde biasa disajikan dalam mangkok ukuran sedang dengan nampan kaca mungil. Dalam seporsi wedang manis nan hangat ini berisi sirup gula, bulatan ketan putih yang berisikan gula jawa yang diberi kuah panas yang diberi jahe. Tak hanya itu, minuman ini juga diberi tambahan topping berupa kacang bawang, kolang-kaling berwarna merah keunguan yang diiris tipis dan potongan roti tawar.

Meski rasa minuman ini cenderung manis, namun banyak orang yang merasa ketagihan dengan salah satu minuman tradisional yang banyak dijajakan di kota gudeg ini. Apalagi jahe yang ada dalam kuah akan menghangatkan tubuh. Harganya yang murah menjadikannya dapat dinikmati oleh semua kalangan, bahkan masyarakat kelas bawah sekalipun. Merupakan pemandangan umum apabila lokasi penjual ronde berdekatan dengan beberapa penjual kuliner lainnya seperti roti bakar, jagung bakar, pisang bakar dan aneka gorengan. So, jangan lewatkan untuk  ngronde saat di Jogja ya travel lovers! Happy drinking this traditional baverage dear! Yuk, ngeJogja lagi!

Nikmati juga: wedang uwuh, pecel kembang turi, kipo

Hotel murah di Malioboro: Hotel 1001 Malam, Inna Garuda Hotel, Ameera Boutique Hotel

Peta lokasi Alun-Alun Kidul: view map larger

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 24  Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • wedang ronde solo
  • wedang ronde jogja
  • harga wedang ronde
  • gerobak wedang ronde
  • ronde
  • wedang ronde yogyakarta
  • foto wedang ronde
  • kuliner wedang ronde
  • jualan wedang ronde
  • tempat dan harga wedang ronde jogja

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,