Mungkin Anda belum familiar mendengar nama tahu pong. Tapi jika pergi ke Semarang, Anda akan menjumpai banyak tempat yang bertuliskan nama ini. Makanan ini memang berasal dari ibukota Jawa Tengah dan merupakan kuliner khas daerah yang juga terkenal dengan lumpianya ini.

Tahu pong mulai dikenal di Semarang pada tahun 1930-an. Kata “pong” pada makanan ini memilikki dua arti. Yang pertama jika diartikan dengan bahasa Jawa, pong berarti kopong atau kosong, sedangkan bila diartikan dengan bahasa Mandarin, pong yang berasal dari kata ”phong” berarti menggelembung. Tahu pong merupakan salah satu kuliner yang dihasilkan dari perpaduan antara dua budaya yaitu  budaya Cina dan budaya Indonesia. Tahu yang merupakan makanan khas Cina dan petis yang merupakan kuliner asli Indonesia.

Petis digunakan dalam kuliner tahu pong sebagai pelengkap saat camilan tersebut dihidangkan. Dalam penyajiannya tahu pong dihidangkan bersama sambal petis dan acar lobak.

Jika Anda tertarik dan ingin menyicipi kuliner ini, coba datang saja ke salah satu penjual tahu pong yang terkenal di Semarang. Tempat ini bernama Tahu Pong Gajah Mada. Dinamakan demikian karena memang letaknya yang berada di Jl. Gajah Mada No.63 B. Lokasinya tepat berada di depan Gereja Bethel.

Di tempat ini Anda dapat menikmati tahu pong yang dihidangkan bersama telur rebus yang telah digoreng dan “gimbal” (udang yang digoreng dengan tepung terigu), ditemani sambal atau saus petis encer yang berasal dari campuran petis dan bawang putih dan acar lobak. Jika pencinta makanan pedas, Anda dapat menambahakan sambal cabai hijau. Setiap pengunjung dapat merasakan sensasi gurih, asin dan manis yang berasal dari perpaduan tahu dan saus petis dan rasa segar yang berasal dari acar lobak.

Selain Tahu Pong, di tempat ini Anda dapat mencicipi kuliner asli Semarang lainnya sepereti Soto Bangkong,  Tahu Gimbal, dan soto Pak No. Tahu Pong Gajah Mada buka pada pukul  10.00 hingga pukul 20.00 WIB. Kuliner yang dijajakan di tempat ini memiliki harga mulai dari Rp8.000,- hingga Rp22.000,-.

How to get there:

  1. Angkot : dari Simpang Lima, naik angkot yang melewati jalan Gajah Mada (bisa tanya sopir). Turun di depan Gereja Betel.
  2. Taksi : New Atlas

Hotel terdekat adalah Ibis Semarang Simpang Lima, Semesta Hotel dan Quest Hotel.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • Makanan khas semarang
  • tahu pong
  • cara membuat tahu pong
  • resep tahu pong
  • tahu pong semarang
  • cara buat tahu pong
  • cara membuat tahu kempong
  • harga tahu pong
  • Tahu petis jogja
  • tahu pong gajah mada

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,