Soto

www.kuliner.panduanwisata.id

Masakan yang namanya soto sudah banyak orang mengenalnya, bagaimana tidak semua strata sosial hampir pernah mencicipi masakan ini. Warung soto pun bermunculan, memang tidak semua menyajikan soto yang bisa diterima oleh indra pengecap kita dengan nilai lezat.

Masakan soto sendiri awalnya merupakan nama masakan Tiongkok Caudo, dan dalam perkembangannya orang menyebut soto ataupun sauto. Di beberapa daerah seperti Makasar menyebutnya coto, dan beberapa daerah lain menyebutnya dengan ditambah nama daerahnya seperti soto Kudus, soto Banjarnegara dan lain sebagainya. Dengan berbagai variasi pun akhirnya menjadi ciri khas masing masing.

Berikut kami berikan beberapa warung soto di Yogyakarta yang terbilang legendaris dan masih bertahan hingga saat ini dengan rasa dan ciri khasnya masing masing.

 

1. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro

www.kuliner.panduanwisata.id

Anda ingin merasakan bagaimana rasa soto yang usianya lebih dari 91 tahun?  Cobalah soto Kadipiro. Soto Kadipiro didirikan pada tahun 1921 oleh Widadi Tahir Karto Wijoyo. Saat ini bisnis makanan itu  dikelola oleh keturunan-keturunannya. Soto Kadipiro sebenarnya hanyalah soto ayam biasa, namun yang menjadikannya luar biasa adalah rasa kuahnya. Kuah soto ini terbuat dari kaldu ayam kampung sehingga rasanya menjadi gurih. Satu lagi yang khas dari soto Kadipiro adalah walaupun soto ini adalah tidak menggunakan mie sebagai campurannya. Semangkuk soto berisi suwiran ayam kampunng, kecambah, kol dan perkedel kentang, serta taburan daun bawang dan bawang goreng. Untuk nasi, Anda dapat memilih untuk dicampur atau dipisah……. (read more)

 

 

2. Soto Sholeh (Barokah)

www.kuliner.panduanwisata.id

www.kuliner.panduanwisata.id

Soto Soleh merupakan soto daging sapi yang telah melegenda. Warung yang dirintis oleh HM. Sholeh ini menempati area di sebelah timur Monumen Diponegoro atau disebelah selatan Restoran Phuket yang di Jl. HOS. Cokroaminoto. Soto Soleh tepatnya berada di Jl. Wiratama no. 84 Tegalrejo, Yogyakarta. Awal mulanya HM. Sholeh menjajakan sotonya secara berkeliling dari kampung ke kampung. Ia juga sering mangkal di alun-alun sejak tahun 1950. Pada tahun 1970 ia menyewa sebuah kios di daerah Purwodingratan. Setelah tahun 1982 ia menempatkan warung sotonya di Jl. Wiratama hingga saat ini…….(read more)

 

 

3. Soto Marto (Tamansari)

Soto Tamansari

www.makanminumairjeruk.wordpress.com

Soto Pak Marto sudah buka beberapa cabang di beberapa tempat, namun tempat awalnya berada di sebelah barat perempatan Tamansari yakni dj jalan S. Parman. Kawasan ini tidak jauh dari Taman Pemandian Tamansari ataupun Keraton Kasultanan Yogyakarta. Warung ini soto Pak Marto merupakan soto daging sapi, dengan kuah yang bening dan sangat terasa segar. Aroma kesegarannya pun akan terasa saat terhidang di meja kita. Sebagai pelengkap di warung ini menyajikan juga babat goreng dan beberapa macam gorengan. Dalam satu porsi soto tersaji potongan daging yang empuk dan cukup banyak….(read more)

 

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini
Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 15 Nopember 2014.

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

 

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • resep masakan jogja
  • wisata kuliner soto
  • soto legendaris di jogja
  • kuliner makanan indonesia
  • soto banjarnegara yang enak dijogja
  • soto legenda jogja
  • soto legendaris jogja
  • tahir kartowidjoyo
  • taman sari barokah jogja
  • warung legendaris jogja

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,