Jika Anda bertanya apakah nama soto khas Semarang, jawabannya adalah Soto Bangkong. Walaupun namanya soto Bangkong, jangan berfikir kalau daging yang dipakai adalah daging bangkong atau katak. Diberi nama demikian karena dahulu, Pak Soleh pemilik warung, berjualan di daerah yang bernama Bangkong.

Soto Bangkong pertama kali dijajakan pada tahun 1950 dengan cara berkeliling dengan menggunakan angkringan. Dulunya Pak Soleh biasa mangkal di samping pos polisi di pojokan Jl. Brigjend Katamso Semarang. Karena ketekunannya, pada tahun 1957, dia mampu mendirikan kios kecil sebagai tempatnya berjualan soto. Kini kios tersebut telah berkembang besar dan telah memiliki jaringan lebih dari 20 restoran yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

Jika Anda mengunjungi restoran yang berada di tengah kota ini, Anda masih dapat melihat angkringan khas penjual soto jaman dahulu. Dan jika saat Anda berkunjung Pak Soleh sedang berjaga, Anda bisa meminta beliau untuk meracikkan soto khas Semarang ini.

Soto Bangkong memiliki kuah khas yang bening agak kecoklatan, ini dikarenakan tambahan kecap yang diberikan. Satu porsi Soto Bangkong berisi suiran daging ayam, irisan tomat, bihun, taburan daun bawang, tauge, taburan bawang putih goreng, dan seledri.  Untuk nasi, Anda bisa meminta untuk dicampurkan dalam soto ataupun terpisah.

Soto Bangkong dihidangkan dalam mangkuk kecil namun tinggi seperti mangkok yang digunakan soto Kudus, hanya saja ukuran mangkuk Soto Bangkong sedikit lebih besar.

Sebagai teman menikmati nikmatnya soto Bangkong, tersedia aneka lauk seperti sate daging ayam yang dipotong tipis (tetapi tidak dibakar), sate kerang, sate telur, tempe, tahu dan perkedel kentang.

Soto Bangkong buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 22.00 WIB. Harga satu porsi soto bangkong sekitar Rp9.000,- per mangkuknya. Apabila Anda masih belum kenyang dan ingin tambah,  tetapi Anda merasa takut kalau nanti kekenyangan, Anda dapat minta tambahan setengah porsi saja. 

Selain Soto Bangkong pusat, dapat pula mengunjungi  Soto Bangkong yang berada di Jl. M.T. Haryono atau Soto Bangkong Jl. Setia Budi No.229 Banyumanik. Anda juga dapat mengunjungi kuliner Semarang lainnya seperti Tahu Pong, Tahu gimbal, dan Soto Pak No.

How to get there:

  1. Angkot : Anda dapat menggunakan angkot yang melewati perempatan Bangkong.
  2. Taksi : Sindoro Taksi.

Hotel terdekat adalah Hotel Santika, Hotel Ciputra Semarang dan Hotel Horison Semarang.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • soto bangkong semarang
  • wisata kuliner di semarang
  • soto semarang di jakarta
  • alamat soto bangkong semarang
  • alamat soto bangkong di jakarta
  • wisata kuliner khas semarang
  • soto bangkong di jakarta
  • penjual soto surabaya
  • jual soto bangkong ∂ï medan
  • soto semarang di surabaya

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,