www.nunugie.wordpress.com

www.nunugie.wordpress.com

Perlu diketahui jika kuliner Garut tidak hanya sebatas dodol saja. Kota yang berjarak dua jam dari Bandung itu juga memiliki soto khas dan legendaris bernama Soto Ahri. Sang legenda pun hadir menuai sukses di kota Bandung, sehingga tak perlu berkendara jauh hingga ke kota dodol.

http://www.haphap.com/

http://www.haphap.com/

Pak H. Ahri memulai usaha sotonya pada tahun 1943 di Garut. Selama 71 tahun beroperasi, soto Ahri pun tumbuh sebagai legenda kuliner nusantara. Kelezatan itu akhirnya sampai di kota Bandung yang menjadi kiblat kuliner Nusantara. Kuliner milik Garut itu berhasil merebut hati warga kota kembang hingga akhirnya menjadi salah satu destinasi wisata kuliner favorit pelancong di akhir minggu. Warungnya menempati bekas halaman samping sebuah toko di Jalan Buah Batu No. 235. Tempatnya tidak begitu besar dengan posisi memanjang ke belakang dan lebarnya hanya sekitar 3 meter. Di depannya ada spanduk cokelat bertuliskan “Soto Ahri – Kuliner Khas Garut” membentang sebagai petunjuk. Cabang asli Mandalagiri Garut itu selalu ramai pengunjung, terutama saat jam makan siang dan akhir minggu. Soto Ahri Buah Batu Bandung ini dikelola oleh generasi ketiga dan setiap harinya bisa menjual 600 – 1000 porsi soto. Meski tetap nikmat, sayangnya Soto Ahri di Bandung ini tak mempertahankan tradisi masak tradisionalnya. Berbeda dengan cabang Garut dimana soto dimasak menggunakan kayu bakar sehingga memberikan aroma khas tersendiri.

http://www.haphap.com/

http://www.haphap.com/

Di Soto Ahri Bandung, pelanggan dapat memesan soto daging atau campur jeroan. Daging yang digunakan adalah daging sapi muda sehingga teksturnya lebih empuk. Sebelum menjadi soto, daging tersebut sudah diungkep atau rebus dengan bumbu terlebih dahulu. Potongan daging kemudian disiram kuah kaldu berwarna kuning yang terbuat dari racikan santan, kunyit, sereh, daun salam, dan rempah. Soto akan diberikan toping seledri dan kacang kedelai goreng. Rasanya betul-betul gurih dan bisa membuat ketagihan. Nasi putih pulen menjadi teman setia soto Ahri memanjakan lidah para pengunjung. Jika ingin memperkaya rasa, di atas meja sudah disediakan pilihan cabe bubuk, sambel giling, kecap, dan aneka kerupuk. Saat berkunjung ke Bandung jangan lewatkan mengisi perut di Soto Ahri.

Warung soto legendaris Garut ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 21.00. Satu porsinya dibanderol Rp. 17.000. Kedai Soto Ahri terletak di sebelah toko Borma Fashion Buah Batu dan sangat mudah dicapai menggunakan angkot jurusan Ciwastra – Cijerah, Buah Batu – Kebon Kalapa, atau St. Hall – Gedebage.

Selama berwisata di Bandung Anda dapat menginap di The Jayakarta Bandung Suite Hotel & Spa, Lingga Hotel, atau Grand Aquila Hotel. Destinasi kuliner lainnya adalah Ice Cream Teppanyaki, Choco’Te, dan Surabi Suryalaya.

Peta Lokasi

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 November 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • soto enak di bandung
  • soto ahri garut
  • soto ahri
  • resep soto ahri
  • resep soto ahri garut
  • resep soto garut
  • soto garut
  • soto ahri bandung
  • harga soto ahri garut
  • alamat soto ahri di bandung

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , ,