Semar Mendem

Semar Mendem resepmasakantop.com

Semar mendem merupakan salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang dapat menjadi pengganjal perut yang enak dengan harga murah. Jika dilihat sekilas bentuknya hampir mirip dengan dadar gulung isi kelapa, yang membedakan hanya warna kulit dan ukurannya saja. Kulit dadar gulung isi kelapa umumnya berwarna hijau muda, sedangkan kulit semar mendem biasanya berwarna kuning gading. Untuk masalah ukuran, semar mendem memiliki ukuran yang sedikit lebih besar.

Meski sekilas nampak sama, namun tentu saja keduanya memiliki isian yang berbeda. Semar mendem merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan yang diberi isian berupa suwiran atau cincangan daging ayam. Sebelum dimasak, sebaiknya beras ketan direndam dulu selama satu jam, dengan catatan beras ketan telah dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah santan yang diberi sedikit gula dan garam serta daun salam sebagai penambah aroma telah mendidih masukkan beras ketan dan aduk hingga semua bahan tercampur. Selanjutnya kukus ketan hingga matang.

Semar Mendem

Semar Mendem bikaambonyalarizo.com

Semar mendem merupakan alternatif camilan tradisional yang mengenyangkan. Secara garis besar rasa isian daging yang ada dalam semar mendem hampir mirip dengan isian lemper. Bedanya semar mendem memiliki kulit yang terbuat dari campuran adonan telur ayam yang dicampur dengan tepung, air yang diberi tambahan bumbu berupa garam sesuai dengan selera. Cara memasak isiannya pun terbilang cukup mudah. Setelah ayam direbus hingga matang, suwir-suwir atau cincang ayam sesuai selera.

Dalam tempat yang berbeda tumislah campuran bumbu berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, merica dan ketumbar hingga harum. Masukkan ayam lalu beri tambahan bumbu berupa serai, garam, gula dan santan. Masak hingga beragam bumbu tersebut meresap. Selanjutnya tinggal mengambil dua hingga tiga sendok ketan lalu dipipihkan dan diisi dengan daging ayam berbumbu lalu dibentuk lonjong, persis dengan cara membuat lemper. Terakhir tinggal bungkus makanan ini dengan dadar telur.

Semar Mendem

Semar Mendem kuenya-najmina.blogspot.com

Secara keseluruhan makanan memiliki citarasa gurih yang khas mulai dari lapisan kulitnya, ketannya hingga isian daging atau ayam cincangnya. Namun demikian kemungkinan besar Anda akan ketagihan dengan kelezatan kuliner yang satu ini. Di beragam pasar tradisional makanan ini dijual dengan harga sekitar 1500 rupiah saja. Murah bukan? Makanan ini tak hanya menghiasi beragam pusat kuliner di berbagai sudut kota, namun juga tersedia di banyak toko modern, salah satunya adalah di Larizo Cake&Bakery. Di tempat ini Anda dapat mencicipi kuliner lawas ini dengan harga Rp 2.500 saja. Menarik untuk dicoba bukan? Happy eating ya!

Kunjungi juga: Gembira Loka Zoo, Taman Tino Sidin, Desa Wisata Kasongan

Hotel murah di Prawirotaman: Duta Hotel, Pose In Hotel, The Grand Palace Hotel

Peta lokasi Bika Ambon Larizo Cabang Suryodiningratan: view map larger

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 13 Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • semar mendem
  • resep semar mendem
  • kue semar mendem
  • gambar semar mendem
  • cara membuat semar mendem
  • makanan semar mendem
  • resep semar mendem solo
  • resep kulit semar mendem
  • gambar kue semar mendem
  • kulit semar mendem

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,