Sayur Brongkos

Sayur Brongkos jokosenoaji.wordpress.com

Bagi penikmat kuliner tradisional, ada sebuah menu yang sangat sayang untuk dilewatkan. Apa itu? Tidak lain adalah perpaduan sedap antara nasi liwet dengan sayur brongkos. Ya, rasa sayur yang dilengkapi dengan kacang kedelai ini ini tak semengerikan penampakannya yang berwarna hitam legam itu. Semakin penasaran bukan travel lovers? Yuk segera simak informamsi menariknya sesaat lagi!

Sayur brongkos merupakan salah satu sayur tradisional yang dapat Anda temukan di Jogja. Selain gudeg, sayur ini merupakan salah satu sayur yang banyak diminati oleh beragam kalangan, mulai dari warga lokal hingga wisatawan yang sedang berlibur di kota cantik ini. Berbeda dengan sayur bersantan lainnya, sayur brongkos memiliki warna hitam karena diberi bumbu berupa kluwak. Sebuah rempah nusantara yang menjadikan sayur brongkos ini memiliki citarasa lezat yang unik.

Sayur Brongkos

Sayur Brongkos aryagitha.blogspot.com

Dalam sayur ini umumnya Anda akan menemukan telur ayam rebus, tahu dan kulit melinjo. Untuk menambah rasa gurih pada kuah brongkos, ada pula yang menambahkan ayam-ayam sapi, sebuah sebutan lain untuk menyebut koyoran sapi. Biasanya ada penjual yang menjual brongkos dengan rasa pedas, namun ada pula yang hanya hanya menaruh cabai utuh dalam kuah santan. Alternatif sayur brongkos yang kedua merupakan pilihan yang pas ketika Anda ingin mencoba bereksperimen membuat brongkos sendiri di dapur kesayangan Anda. Nantinya, siapa yang suka pedas, tinggal ceplas-ceplus saja cabai rebusnya sesuai selera.

Pada dasarnya cukup mudah membumbui salah satu sayuran khs kota gudeg yang satu ini. Bumbu halusnya hanya bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, kencur dan tentu saja kluwak. Selanjutnya tinggal siapkan bumbu lain yaitu santan, gula jawa dan garam. Sebagai penambah aroma, tambahkan pula daun salam, daun jeruk purut, serai dan laos. Terakhir tentukan bahan utama dari brongkos favorit Anda, seperti telur rebus dan tahu.

Sayur Brongkos

Sayur Brongkos www.diahdidi.com

Menariknya lagi, sayur ini adalah salah satu sayur yang dijual simbok-simbok penjaja bubur yang beroperasi di pagi hari. Sepanjang jalan Bantul misalnya. Setelah melewati ring road selatan hingga perempatan Klodran, setidaknya Anda akan menemukan 4 hingga 5 penjual. Ada yang di depan Toko Ganefo di perempatan Dongkelan, ada yang terletak di selatan SD Jarakan dan SD Winongo dan ada pula yang berada di sekitar 200 meter dari pom bensin Pucung. Mau beli berapa tinggal bilang saja! Bagaimana travel lovers, tidak sabar ingin mbrongkos lagi bukan? Happy eating!

Nikmati juga: mie lethek, sate klatak, pecel senggol Pasar Beringharjo

Hotel murah di Jogja: Chadea Hotel, Shangrila Villa, Rumah Kayen Homestay

Peta lokasi Jalan Bantul: view map larger

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 23  Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.A

Incoming search terms:

  • brongkos
  • sayur brongkos
  • sayur hitam
  • resep brongkos
  • foto sayur brongkos
  • nasi brongkos yogyakarta
  • resep sayur brongkos
  • sayur brongkos yogyakarta
  • sayur brongkos bantul
  • resep sayur brongkos khas jogja

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,