sintacarolina.blogspot.com

sintacarolina.blogspot.com

Setiap kuliner memiliki ceritanya masing-masing, begitu pula dengan sate yang satu ini, sate kere. Ada cerita apa dibalik kelezatan paduan jerohan dan tempe gembus ini? Temukan jawabannya sesaat lagi!

Sate merupakan kuliner asli Indonesia yang ditengarai berasal dari Pulau Jawa. Kuliner yang satu ini merupakan perpaduan unik antara potongan ataupun cincangan beragam daging yang berbalut apik dengan beragam jenis bumbu yang pakem. Sate ayam menggunakan bumbu kacang, sate padang menggunakan kuah lezat berbalut aneka rempah khas nusantara dan sate kelinci ataupun kambing berbalut manisnya bumbu kecap.

Pada jamannya, sate dikenal sebagai salah satu hidangan mewah yang hanya dapat disantap oleh mereka yang termasuk kelas menengah ke atas. Di tengah melejitnya menu mewah ini, kaum ekonomi bawah pun memiliki jenis sate sendiri yang dikenal dengan nama sate kere. Namun jangan anggap remeh kuliner yang satu. Mengapa demikian? Ini tidak lain karena hingga kini masih banyak orang yang senang memanjakan lidahnya dengan menu sate asal kota Solo ini.

 terasolo.com

terasolo.com

Merujuk pada namanya, sate kere merupakan sate yang dikonsumsi oleh kaum papa alias orang yang memilili tingkat perekonomian yang sangat rendah. Ya, kata kere sendiri diambil dari Bahasa Jawa yang berarti miskin. Kala itu kaum papa dirasa tidak mampu atau bahkan terlalu sayang untuk membelanjakan uangnya meski hanya untuk setusuk sate. Oleh karena itulah muncul menu yang satu ini, sate kere. Kaum papa merupakan sebutan untuk golongan ekonomi bawah.

Tidak seperti kebanyakan jenis sate yang terbuat dari daging, sate kere terbuat dari jerohan sapi dan tempe gembus. Kala itu kedua bahan ini dapat dikatakan cukup murah hingga terjangkau oleh lapisan ekonomi bawah. Soal aroma dan bumbu, jangan ditanya lagi. Meski hanya berbahan jerohan dan ampas tahu, namun ketika sudah berpadu dengan bumbu kacang dan mengalami proses pemanggangan, aromnya dipastikan akan menggelitik hidung Anda. Namun demikian bumbu kacang yang digunakan alam menu ini tidak sekental bumbu kacang yang ada pada sate berbahan daging.

regunawati.blogspot.com

regunawati.blogspot.com

Kini Anda jangan terjebak dengan namanya. Ya, harga jual sate kere kini ada yang hampir menyamai sate berbahan daging. Di Solo sendiri ada banyak tempat yang menjajakan sate unik yang satu ini. salah satu yang terkenal adalah Sate Jeroan Yu Rebi yang berada di Jalan Kebangkitan Nasional No 1-2, Penumping, Laweyan, Solo. Di sini seporsi sate kere dibanderol dengan harga Rp 13.000. Saking populernya kuliner yang satu ini, kini di Jogja juga banyak ditemui penjual sate kere. Di banyak pasar malam, seperti di acara Cembeng,  sebuah rangkaian tradisi yang masih lestari di Pabrik Gula Madukismo, sate ini masih sering dijajakan dan dinikmati oleh penggemar setianya. Bagaimana travel lovers, berminat mencoba bukan?

Tak lengkap rasanya berlibur di Solo tanpa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Taman Balekambang, Museum Batik Danar Hadi dan berkeliling menggunakan Bus Werkudara. Selama berlibur di Solo Anda dapat menemukan beragam hotel murah yang cocok dijadikan sebagai tempat istirahat yang nyaman, seperti Kusuma Sahid Prince Solo Hotel, Solo Paragon Hotel & Residences ataupun Sahid Jaya Solo Hotel. Yuk nyate kere lagi!

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 08 November 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • bumbu rempah sate kere
  • sate kelas hotel
  • sate kelas bawah
  • resep sate kere tempe gembus
  • resep sate kere solo tanpa tempe gembus
  • resep sate kere lengkap
  • Rempah yang digunakan untuk sate kelinci
  • penjelasan sate kere
  • nama lain sate ker e di jatim
  • menu makanan kelas bawah

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , ,