Es Cincau

Es Cincau www.perutgendut.com

Sebagai negara beriklim tropis, Indonesia memiliki banyak jenis minuman yang disajikan dengan es batu, mulai dari es buah, es degan, es kopyor, es dawet hingga es cincau. Cincau merupakan sebutan olahan pangan berbentuk seperti agar-agar yang dibuat daun cincau. Ada dua warna cincau yang sangat familiar di Indonesia, ada cincau hijau dan ada pula cincau hitam. Cincau hijau dibuat dari daun tanaman Cyclea barbata Miers, sedangkan cincau hitam dibuat dari daun tanaman Mesona palustris.

Selain itu ada pula jenis tanaman cincau lain yaitu cincau perdu yang memiliki nama latin Melastoma polyanthum B. Daun tanaman ini akan menghasilkan warna hijau tua dengan tekstur lebih padat dibandingkan cincau yang dibuat dengan dua tanaman cincau lainnya. Namun demikian karena cincau yang dihasilkan memiliki aroma langu sehingga kurang disenangi konsumen. Namun jika Anda menyukai tekstur cincau yang dibuat dari tanaman terakhir ini, bau langu tersebut dapat dikurangi dengan menambahkan air jeruk nipis.

Es Cincau

Es Cincau adeknakemal.blogspot.com

Penyajian es cincau hampir mirip dengan penyajian es dawet. Keduanya menggunakan sirup gula merah dan santan yang dicampur dengan es batu. Jika Anda penggemar minuman yang satu ini, datang saja ke Pasar Beringharjo. Tepat di depan pasar ini Anda dapat menemukan penjual dawet dan cincau. Tak hanya itu, di sini Anda juga dapat menikmati pecel senggol yang kenamaan itu, lengkap dengan beragam lauk pilihan seperti mie goreng, sate usus, sate telur puyuh dan beragam jenis gorengan.

Namun jika Anda melewati jalan Bantul, ada pula penjual es cincau yang terkenal, yaitu es cincau Dongkelan. Satu porsi es di tempat ini dijual Rp 2.500 saja. Harga yang cukup murah bukan travel lovers? Yang jual es cincau di tempat ini adalah seorang nenek-nenek. Lokasi berjualannya tak jauh dari penjual dawet Dongkelan. Keduanya terletak di barat Jalan Bantul. Dan seperti kebanyakan penjual es lainnya, porsi es akan jauh lebih banyak jika dibawa pulang. Karena jika diiras, sebutan untuk minum di tempat, Anda hanya akan mendapatkan satu gelas berukuran sedang saja. Namun jika dibawa pulang, voila, porsinya jauh lebih banyak. Umumnya seporsi es cincau di Jogja dibanderol dengan harga Rp 2.500 hingga Rp 5.000, tergantung dimana dan kapan Anda membelinya. Jika membeli saat ada pagelaran, biasanya harga akan sedikit lebih mahal. Jadi kapan nih mau nyincau lagi travel lovers?

Nikmati juga: wedang uwuh, kue putu bambu, gudeg manggar

Hotel murah di Jogja: Yogya Kembali Hotel, Hotel Mawar Asri, Grage Yogya Hotel

Peta lokasi jalan Dongkelan: view map larger

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 23  Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Sumber: anakagronomy.com

Incoming search terms:

  • es cincau jogja
  • gambar es cincau
  • foto es cincau
  • es cingcau
  • es cincau yogyakarta
  • cincau
  • es cincau bandung
  • cincau jogja
  • es camcau
  • es cao degan

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,