Tongseng merupakan masakan umum yang dapat kita jumpai dikota manapun. Tongseng biasanya dikaitkan dengan penjual sate, gulai dengan bahan daging yang beraneka macam, namun yang paling sering kita jumpai adalah daging kambing.

Di Jl. Bantul Km. 5,5 Yogyakarta terdapat sebuah warung yang membuat masakan tongseng yang sedikit ekstrim. Kenapa demikian, karena daging yang dijadikan bahan masakan adalah daging yang jarang atau mungkin tidak pernah kita konsumsi. Daging sebagai bahan utamanya merupakan daging codhot atau sejenis kelelawar yang sering memakan buah buahan dan juga daging bajing atau tupai.

tongseng codotBerawal dari kegemaran Romiyati, sang pemilik warung yang sering berburu codhot dan bajing karena sering menggangu hasil panen kebun masyarakat sekitar tempat tinggalnya. Dari sinilah dia mendapatkan inspirasi untuk memanfaatkan hasil buruannya menjadi satu hal yang dapat menambah penghasilannya. Akhirnya Romiyati membuka usaha warung makan dengan menu masakan andalannya yakni tongseng codhot dan bajing.

Tak disangka ternyata keberadaan warung ini diminati oleh masyarakat, sehingga warung ini selalu ramai pengunjung apalagi tongseng codhot dan bajing tersebut mempunyai khasiat yang baik bagi tubuh. Tongseng codhot selain rasanya yang khas dipercaya dapat menyembuhkan penyakit asma. Sedangkan tongseng bajing atau tupai ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Cara masaknya pun tidak terlalu rumit dan tidak berbeda dengan tongseng kebanyakan. Baik codhot maupun bajing setelah dikuliti kemudian dibersihkan dan selanjutnya direbus hingga dagingnya terasa empuk. Kemudian daging tersebut dipotong dan dipisahkan dari tulangnya kemudian dimasak dengan menggunakan sedikit air ditambahkan bumbu ketumbar, bawang merah, bawang putih dan merica yang sudah dihaluskan. Sebagai pelengkap rasa, tentu saja perlu ditambahkan garam, penyedap rasa serta kecap, ditunggu hingga semua bumbu tersebut meresap dan menu tongseng codhot atau bajing pun siap dihidangkan.

Selain itu masih ada satu menu lagi yang dapat Anda jumpai di warung milik Romiyati yakni tongseng burung emprit yang juga banyak kita jumpai di sawah sawah. Tongseng emprit ini diyakini juga berkhasiat menambah stamina dan juga untuk menyembuhkan asam urat.

Warung ini buka setiap hari mulai pukul 15.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Harga yang ditawarkan untuk tongseng codhot sebesar Rp. 7.000,- sedangkan tongseng bajing atau tupai sebesar Rp. 15.000,- dan untuk tongseng emprit sebesar Rp. 8.000,-

How to get there :

  1. Dengan kendaraan umum dari Yogyakarta jurusan Bantul turun di Km. 5,5
  2. Dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda dua

Tempat terdekat :

  1. Masjid Nurul Huda Dongkelan, sebagai Syiar Agama sekaligus Benteng Pertahanan
  2. Pabrik Gula Madukismo
  3. Gerabah Kasongan

Hotel terdekat :

Beberapa hotel terdekat dengan lokasi tersebut diantaranya Brongto Hotel atau Dusun Jogja Village Inn

Peta Lokasi :

Lihat Peta Lebih Besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • sate codot
  • sate bajing
  • jual daging kelelawar di jogja
  • sate kalong jogja
  • sate tupai di jakarta
  • penjual daging kelelawar di jogja
  • jual daging bajing jakarta
  • Sate codot jogja
  • kuliner codot jogja
  • sate kalong di jogja

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,