Sate Karang Kotagede

Kalau Anda berkunjung ke bekas pusat kerajaan Mataram di Kotagede, maka sempatkan untuk mencicipi sate karang ini, nama sate karang berarti sate yang dijual di lapangan Karang Kotagede setiap sore hari mulai jam 17.00 WIB sampai jam 23.00 WIB. Lokasi tepatnya di Jl. Nyi Pembayun Kotagede.

Sate KarangPada mulanya jenis sate yang berupa sate daging sapi ini dijajakan oleh Mbah Karyo dengan berkeliling menyusuri jalan – jalan kampung Kotagede dan dikenal oleh masyarakat mulai tahun 1948, . Namun saat itu belum dikenal dengan nama sate karang, sesudah Mbah karyo ini membuka warung secara menetap di pinggir lapangan Karang pada tahun 1955 inilah baru disebut Sate Karang. Setelah Mbah karyo tidak mampu lagi maka usaha ini diteruskan oleh putranya bernama pak Prapto. Hingga saat ini usaha ini dikelola oleh Bp. Tri Wahyono yang merupakan putra dari pak Prapto yang sudah meninggal. Yang istimewa dari masakan ini adalah selama pergantian dari generasi ke generasi rasanya tidak berubah.

Cara menikmati sate karang ini juga lebih nyaman dengan konsep lesehan di Sate Karang Kotagedepinggir lapangan, dipadu dengan lontong dan kuah sayur lodeh yang encer, aneka sambal. Sambal disini ada tiga macam yakni sambal kacang, sambal kecap dan satu lagi sambal yang tidak akan Anda temui di penjual sate manapun yakni sambal kocor, terbuat dari daun jeruk, garam, gula merah, bawang merah, dan ketumbar. Perpaduan yang memanjakan lidah kita pastinya dengan rasa gurih, manis dan aroma khas rempahnya. Dijamin pasti Anda senang menikmatinya dan menjadikan makan favorit saat berkunjung ke Yogyakarta.

Pada malam Minggu biasanya pengunjung akan lebih banyak dari hari biasa, jika tidak ingin antri terlalu panjang dan kehabisan tempat bisa datang lebih awal. Sembari menunggu sate beserta kelengkapannya kita bisa memesan minuman yang ada berupa wedang ronde atau teh poci dengan gula batu. Asiknya lagi kita menikmati hidangan ini di bawah langit yang berhias bintang.

Harga satu porsi dengan 10 tusuk sate sebesar Rp. 17.000 dan untuk lontong sayurnya Rp. 3.000 jadi dengan Rp. 20.000 kita bisa menikmati sate karang, harga tersebut belum termasuk minumnya.

How to get There :

Untuk menuju ke lokasi ini bisa menggunakan taksi atau transjogja jalur 3A dan 3 B turun dihalte Jl. Nyi Pembayun, namun perlu diingat operasional Transjogja hanya sampai jam 21.00 WIB. Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua.

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dai kawasan ini diantaranya Hotel Indah Palace Yogyakarta atau Hotel Grand Rosela

Tempat terdekat :

Kotagede terkenal dengan kotaperak maka kurang lengkap jika tidak melihat hasil Kerajinan Perak tersebut dan dari lokasi ini juga dapat anda menikmati Coklat Monggo.

Peta Lokasi :
View Larger Map

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • sate karang
  • sate lesehan
  • sate karang jogja
  • sate karang kota gede
  • sate karang kotagede yogyakarta
  • sate kocor di kota Solo
  • sate kocor jogja
  • sate pinggir jalan malam
  • wedang pembayun
  • wisata kuliner lapangan karang

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,