Namanya peyek tumpuk, peyek meupakan penganan berupa kacang tanah yang digoreng menggunakan tepung, sedangkan tumpuk adalah bahasa Jawa yang berarti susun. Secara harafiah adalah cemilan terbuat dari tepung dan kacang tanah yang disusun berlapis – lapis. Ya peyek tumpuk secara fisik memang kelihatan tebal dan kelihatan bersusun, dan orang pasti berpikir bahwa bagian tengah akan terasa keras, namun ternyata peyek ini renyah sampai gigitan terakhir. Selain karenapeyek tumpuk, mbok tumpuk secara fisik memang bertumpuk namun sebutan peyek ini sebenarnya diambil dari nama pembuat pertamanya yakni mbok Tumpuk yang dikenal sejak tahun 1975. Awalnya memang hanya dikenal di daerah Bantul saja, dimana lokasi pembuatan pertamanya ada di sana, namun saat ini sudah banyak dikenal sampai keluar kabupaten, bahkan luar propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Proses pembuatan makanan renyah ini memang berbeda dengan pembuatan peyek pada umumnya. Peyek tumpuk prosesnya lebih panjang dibanding peyek biasa. Semua bahan yakni tepung terigu, telur, dan kacang tanah dicampur, dibuat adonan kemudian digoreng dengan api besar, ini bertujuan agar kacangnya bisa cepat matang. Pengorengan pertama dimaksudkan untuk membuat peyek yang berlapis tadi, kemudian didiamkan semalam dengan diangin – anginkan untuk mendapatkan peyek yang renyah dan gurih. Setelah itu digoreng kembali dengan api kecil agar peyek bisa matang merata.

Peyek tumpuk secara fisik memang tidak menarik karena tekstur yang tidak beraturan dan warnanya agak putih, namun mbok tumpuk, peyek tumpuksetelah Anda merasakan kerenyahan dan gurihnya peyek ini, pasti ketagihan. Warna putih tersebut dikarenakan ada sedikit campuran tepung kanji dan bumbu yang digunakan untuk membuat adonan tepungnya. Bumbunya cukup sederhana yakni ketumbar, bawang, kemiri, garam, santan dan telur.

Lokasi tempat Mbok Tumpuk sendiri berada di Jl. Wahid Hasyim, 104 Bantul. Selain di pusat pembuatannya, Anda juga dapat membeli peyek tumpuk di pusat penjualan oleh – oleh  Jalan Jenderal Sudirman dan juga di Imogiri, bisa sekaligus mengunjungi Makam raja raja Imogiri yang sakral.

How to get there :

  • Dengan menggunakan angkutan umum yang menuju arah Pantai Samas atau Palbapang
  • Kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dari kota Yogyakarta melewati jalan raya Yogya – Bantul , ikuti jalan tersebut hingga tempat yang dituju yakni setelah pasar Bantul terlewati kurang lebih 1 km.

Hotel terdekat :

Hotel terdekat yang dapat di gunakan sebagai tempat bermalam bagi Anda diantaranya Pramesthi Jogja, Dusun Jogja Village Inn, sekitar Prawirotaman

Tempat terdekat :

Di dekat lokasi tersebut ada beberapa tempat yang patut untuk dikunjungi diantaranya Gereja Ganjuran, Pantai Samas

Peta Lokasi :

Lihat Peyek Mbok Tumpuk di peta yang lebih besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • resep rempeyek tebal renyah
  • Resep peyek tumpuk
  • peyek tumpuk
  • resep peyek kacang mbok tumpuk
  • Cara membuat peyek tumpuk
  • cara membuat peyek tebal
  • resep peyek jogja
  • resep peyek tebal
  • resep peyek tumpuk khas jogja
  • resep rempeyek tumpuk

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,