Udara dingin paling asyik memang ditemani dengan menyantap makanan yang hangat. Itulah alasan mengapa di Wonosobo makanan yang menjadi favorit masyarakat dan pengunjung tempat ini adalah Mi Ongklok.

Mi Ongklok adalah mi rebus yang dimasak dengan cara yang sedikit berbeda, yang direbus dengan menggunakan ongklok. Ongklok adalah sejenis keranjang yang berukuran kecil yang kemudian diberi gagang yang berfungsi untuk merebus mi dan meniriskannya. Kekhasan mi rebus ini adalah kuahnya. Kuah mi ongklok diberi campuran kanji yang menjadikannya lebih kental dari kuah pada umumnya. Mi ongklok ini sangat pas jika disantap bersama sate sapi dan tempe mendoan. Makanan ini akan terasa sangat nikmat terutama ketika cuaca sedang terasa dingin. Inilah alasan mengapa makanan ini menjadi makanan favorit di kota yang terletak di lembah dua gunung Sindoro – Sumbing, yaitu Kota Wonosobo.

Namun, Anda dapat menikmatinya tidak hanya di Wonosobo, namun juga di Jogjakarta. Kuliner khas Wonosobo yang ada di Jogja adalah Warung Mi Ongklok Bu Renny. Selain menyediakan masakan khas Wonosobo, Anda juga dapat menikmati aneka makanan lainnya, seperti bakso, mi ayam pangsit, dan juga Enthok Lombok Ijo. Semua makanan ini dihidangkan dengan cita rasa yang gurih dan lezat.

Jika Anda menyantap mi ongklok, teman yang paling tepat adalah sate sapi. Cita rasa mi yang gurih dan sedikit pedas (bisa juga sangat pedas jika Anda memintanya) diimbangi dengan cita rasa sate sapi yang sedikit manis. Perpaduan rasa ini terasa sangat pas di lidah. Jika Anda menambahnya dengan mendoan (tempe yang digoreng setengah matang. Mendo artinya setengah matang), rasanya akan semakin gurih dan segar. Sesudah menikmati mi yang segar ini, Anda dapat menutupnya dengan minuman dari buah khas Wonosobo juga, yaitu carica. Carica adalah buah yang berbentuk pepaya dengan cita rasa yang segar. Jika buah ini digunakan sebagai bahan es, cita rasanya menjadi sangat unik dan segar. Rasa manis segarnya dapat menjadi penutup yang cocok untuk semangkuk mi yang gurih, pedas, dan panas.

Jika Anda ingin menikmati makanan ini, Anda tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Wonosobo. Anda dapat menemukannya di Jl. Affandi (Gejayan) Yogyakarta. Tempat ini hanya berjarak sekitar 30 meter di utara Jembatan Merah.

Info pengunjung:

–          Tempat ini beroperasi dari pukul 10.00 sampai pukul 21.00.

–          Harga satu mangkuk mi ongklok Rp5.000,-

–          Harga satu pori sate sapi Rp7.500,-

–          Harga es carica Rp9.000,-

(Harga tersebut diatas adalah harga update November 2012. Harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi.)

–          Cabang lain berada di Purwomartani, Kalasan

Kuliner lain di dekat Mi Ongklok Bu Reny adalah Pecel Lele Lela, Yogya Chicken, dan Bebek Goreng Pak Slamet.

Hotel terdekat : Jogjakarta Plaza Hotel, LPP Garden Hotel, dan LPP Convention Hotel.

How to get there :

–          Bus : Anda dapat menggunkan bus jalur 3 dan 7, Anda juga dapat menggunakan Trans Jogja, namun jarak shelter terdekat sekitar 100 meter.

–          Taksi : Vetri  (0274) 563551, Armada Taxi  (0274) 517248

Map

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • mie ongklok di jogja
  • mie ongklok jogja
  • mie ongklok
  • mie ongklok di jakarta
  • mie ongklok wonosobo
  • es pepaya
  • mie ongklok yogyakarta
  • penjual mie ongklok di jogja
  • mie ongklok jakarta
  • Mie Ongklok Wonosobo Japuto Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,