Banyak yang tidak mengerti mengapa ada orang yang rela memburu makanan enak hingga ke pelosok desa. Temukan jawabannya dengan mencicipi brongkos warung ijo milik Bu Padmo.

Sesuai dengan namanya, warung brongkos Bu Padmo bercat warna hijau tua. Di depan warung tertulis “Brongkos Mak Nyuuss, Wisata Kuliner”. Sebuah penanda yang menjanjikan kelezatan makanan rumahan ini. Begitu datang, Anda akan langsung disambut pelayan warung ini dengan ramah. Sajian brongkos sepintas mirip dengan gudeg, hanya saja rasanya tidak semanis makanan khas Yogya itu. Isinya daging sapi, krecek, dan kacang tolo. Anda bisa menambahkan lauknya dengan telur ceplok ataupun telur rebus. Beberapa lauk lainnya tersaji diatas meja seperti tahu bacem, tempe mendoan dan kepala ayam. Jangan lupa krupuk sebagai teman makan. Takaran nasi untuk satu porsi brongkos tidak terlalu banyak, lebih tepatnya pas untuk satu kali makan.

Nah, begitu melahap brongkos dan nasi putih ini, rasa lezatnya langsung lumer di lidah. Walaupun brongkos terdiri dari berbagai macam racikan, namun Anda tidak akan merasa eneg. Semua komponen menyatu menjadi satu. Manisnya pas berpadu dengan daging sapi yang empuk. Cabai merah yang dibiarkan utuh akan menambah selera makan Anda khususnya bagi penyuka masakan pedas. Santaplah brongkos Bu Padmo dengan nasi yang masih mengepul plus teh hangat. Sedap!

Kelezatan brongkos Bu Padmo ini sudah sangat dikenal. Kru Wisata Kuliner arahan Bondan Winarno sedikitnya sudah 3 kali mampir dan mereview masakannya. Tidak itu saja, setiap pelancong yang melintasi kawasan Yogyakarta – Magelang pun sering menyempatkan diri untuk mengisi perut disini. Bahkan beberapa diantaranya rela datang ke warung yang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Yogyakarta ini hanya untuk melahap seporsi brongkos, plus minum dan krupuk seharga Rp. 22.000. Warung yang kini dikelola oleh Eni, anak Bu Padmo tersebut memang menjadi salah satu landmark kawasan Tempel. Di sepanjang jalan Yogyakarta Magelang pun berdiri warung-warung serupa dengan sajian andalan brongkos. Namun, warung Bu Padmo yang sudah berdiri sejak tahun 1950 ini hanyalah yang berada di Tempel dan 1 cabang lainnya di jalan Yogyakarta – Magelang.

Dulu warung ijo ini berada di bawah jembatan Krasak Tempel. Seiring dengan membludaknya pembeli, warung yang lama tidak lagi mampu menampung kendaraan para pengunjung. Jadilah di awal November tahun ini, warung ijo Bu Padmo bergeser sedikit ke arah jalan Turi di kawasan yang sama. Jika Anda dari arah Yogyakarta, melajulah hingga gapura batas kota Yogya-Magelang. Setelah melewati jembatan, putar kembali kendaraan Anda menuju pasar Tempel yang berada di sisi kiri. Lurus saja hingga sekitar 200 meter. Warung ijo Bu Padmo ada di samping kiri jalan Turi. Bagi yang dari arah Magelang, langsung berbeloklah ke kiri setelah gapura batas wilayah. Mudah bukan?

Mencicipi brongkos di warung ijo Bu Padmo ini semakin meneguhkan bahwa santapan enak tidak selalu identik dengan makanan mewah. Menikmati seporsi brongkos di kursi panjang warung plus musik yang mengalun dari balik meja kasir adalah sensasi yang sangat layak dicoba.

Destinasi wisata kuliner lainnya adalah SGPC Bu Wiryo, gudeg Wijilan dan Raminten.

Selama berada di Yogyakarta, Anda bisa menginap di Ameera Boutique Hotel, Hotel Ibis Malioboro atau Wisma Ary’s Hotel

Peta lokasi View Larger Map

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • resep brongkos bu padmo
  • brongkos enak di jakarta
  • brongkos enak di magelang
  • resep brongkos magelang
  • nasi brongkos bu padmo
  • nasi brongkos magelang
  • resep brongkos kerecek
  • resep brongkos kre
  • resep brongkos krecek
  • resep brongkos lidah istimewa

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,