Yogyakarta memiliki beraneka ragam kuliner, namun yang paling terkenal dan menjadi identitas kota ini adalah gudeg. Berbagai jenis gudeg dapat kita temukan disini seperti gudeg nangka muda atau gori dan gudeg manggar. Gudeg nangka muda terdiri dari dua jenis yaitu gudeg basah dan kering. Selain Mangir Bantul yang terkenal sebagai sentra gudeg manggar, Yogyakarta masih memiliki dua sentra gudeg nangka muda, yaitu Wijilan dan Mbarek.

Jika Anda sedang berada di daerah Universitas Gajah Mada, tidak ada salahnya mengunjungi sentra gudeg yang ada di sebelah utara kampus ini. Pusat penjualan makanan bercita rasa manis ini adalah gudeg Mbarek. Gudeg yang ditawarkan serupa dengan gudeg di Wijilan yaitu  gudeg kering. Gudeg kering adalah  gudeg yang disajikan dengan areh kental. Ia dihidangkan bersama potongan ayam atau telur, sambal krecek dan blondo atau ampas minyak kelapa.

Untuk harga, tidak terlalu mahal. Seporsi  nasi lengkap dengan suiran ayam plus telur, dihargai Rp 12.000 sampai Rp 14.000. Untuk Anda yang tidak suka ayam,  pilihlah paket  nasi gudeg dengan tahu atau tempe seharga Rp6.000. Jika Anda ingin membawa gudeg untuk oleh-oleh, gudeg Mbarek juga menyediakan paket khusus agar bisa dibawa pulang dengan mengemasnya menggunakan besek atau kendil. Paket ini tidak akan cepat basi, karena tahan lebih lama dibandingkan gudeg basah. Hal ini dikarenakan proses pemasakannya yang relatif lama sehingga kuah sayurnya benar-benar kering.

Harga untuk paket besek atau kendil juga bervariasi tergantung dari isinya. Harganya berkisar antara Rp 35.000 sampai Rp190.000. Sebagai contoh untuk sepaket gudeg kendil berisi  gudeg + krecek dengan 1 dada, 1 paha atas, 1 sayap, 1 paha dan 5 telur, harganya hanya sekitar Rp 90.000.

Rumah makan  gudeg yang terkenal di Mbarek diantaranya  Gudeg Yu Djum dan Gudeg Bu Hj. Amad.  Rumah makan ini buka mulai pukul 05.30 – 21.00 WIB. Gudeg Bu Amad berada di Jl. Kaliurang Km. 4,5 Karangasem CT II/05, tepat berada di depan selokan Mataram. Sedangkan Gudeg Yu Djum terletak di Jl. Kaliurang Km 4,5 Gg Srikaton No.2.

Untuk mencapai lokasi ini sangatlah mudah. Jika menggunakan bus Trans Jogja, Anda bisa berhenti  di depan Kopma UGM dan meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki. Jika menaiki bus Kopata, Anda bisa turun di selokan Mataram dan berjalan kaki ke arah timur sejauh 50 meter. .

Untuk hotel terdekat, Anda dapat singgah di Sahid Raya Yogyakarta Hotel, UNY Hotel atau Jogjakarta Plaza Hotel.

Selain gudeg Mbarek, Anda juga dapat mencicipi gudeg manggar, gudeng Sagan atau gudeg Wijilan.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • gudeg manggar bantul
  • gambar gudeg
  • gambar paket gudeg kering
  • gudgeg bu ahmad yogya
  • harga nasi gudeg yu djum mbarek
  • harga nasi gudeg di jogja
  • harga gudeg mbarek bu ahmad
  • harga gudeg mbarek besek
  • harga gudeg mbarek
  • harga gudeg h ahmad jogja besek

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,