Mangut, mungkin kuliner satu ini masih asing di telinga Anda. Kuliner ini memang jarang dijumpai di luar Jawa. Tapi, bagi orang Jawa Anda dapat menemuinya di berbagai warung nasi rames di berbagai tempat. Mangut ini adalah masakan sejenis gule yang pedas, dengan kuah yang lebih encer, di dalamnya terdapat ikan yang telah digoreng terlebih dahulu. Mangut merupakan kuliner khas Jawa Tengah dan Jawa Timur. Mangut daerah Pantura memiliki karakter yang kuat dengan rasa yang sangat pedas, sedangkan mangut Yogyakarta karakternya lebih lembut dan gurih, tingkat kepedasannya sedikit dikurangi karena cita rasa kuliner Yogyakarta yang manis.

Yogyakarta memiliki banyak warung makan yang menyajikan menu mangut, terutama mangut lele. Selain Mangut Lele Mbah Marto, ada satu lagi warung makan yang terkenal dengan mangut lelenya yaitu Mangut Lele Bu Is Jetis atau orang lebih mengenalnya dengan Mangut Lele Jetis.

Mangut Lele Bu Is Jetis berada di Jl. Imogiri Barat km 12  Bantul, tepatnya di dusun Bulus Sumberagung Jetis. Warung  makan Bu Is berdiri pada tahun 1979, karenanya warung makan ini menjadi salah satu legenda mangut di Yogyakarta. Dalam sehari warung makan ini mampu menghabiskan 15 kg lele, bahkan pada saat-saat tertentu, warung makan ini dapat menghabiskan 50 kg lele.

Keistimewaan mangut di warung makan ini terletak pada kuah mangutnya yang tidak terlalu kental, gurih dengan rasa yang tidak berlebihan. Sebagai pendamping mangut lele, disajikan pula trancam/urap, sambal gongso atau oseng-oseng lombok ijo, dan sambal terasi. Urap atau trancam yang disedikan berisi aneka sayuran seperti daun pepaya, bayam, kecipir, kecambah, mentimun, daun kemangi, dan daun beluntas, dilengkapi dengan sambal kelapa muda yang manis pedas. Sambal kelapa muda disediakan terpisah supaya  Anda dapat memilih dan meramu sendiri sayuran yang ingin Anda santap. Untuk Anda yang menyukai kuliner pedas, Anda dapat menambahkan sambal gongso atau sambal terasi kedalam kuah mangut untuk mendapatkan rasa pedas.

Selain menu Mangut  Lele, menu utama di warung makan ini adalah Lele Goreng. Ada pula jajanan seperti  Gembus Bacem, Gembus Tahu, Gembus Koro, dan Telo Kluwo. Telo Kluwo adalah singkong yang dimasak dengan kuah santan dan gula jawa.

How to get there :

  1. Ankot : Naik angkot yang melewati Imogiri
  2. Ojek : Naik ojek dari terminal Giwangan.
  3. Taksi : Centris Raya Taksi

Kuliner khas Jogja lain yang dapat Anda kunjungi adalah Gudeg Manggar, Gudeg Wijilan, dan Brongkos Handayani.

Hotel terdekat adalah Dusun Jogja Village Inn, Gloria Amanda Hotel dan Ameera Boutique Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • aneka masakan lele
  • resep mangut lele
  • lauk pendamping trancam
  • sayur lele
  • resep mangut lele pedas
  • makanan pendamping mangut lele
  • sayur pendamping mangut lele
  • sayur pendamping mangut
  • resep mangut lele jogja
  • resep mangut lele imogiri

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,