kripik salakKita ketahui bahwa salak pondoh merupakan makanan yang termasuk buah dengan kulit yang tajam dan pohonnya yang menyerupai kelapa sawit. Salak pondok sangat banyak terdapat di daerah Sleman sekitaran Turi, salah satu Agrowisata pun dibangun ditempat ini dengan nama Agrowisata Salak Pondoh Turi.

Salak pondoh sudah sangat terkenal, namun jarang orang menjadikannya sebagai oleh Рoleh karena kondisi yang tidak tahan lama sehingga gampang membusuk dan memakan tempat di bagasi. Dengan keadaan tersebut para penjual ataupun petani salak pondok  mencari upaya untuk lripik salakmengatasi hal tersebut. Maka tercetuslah keripik salak pondoh dengan demikian keawetan dan untuk kemasannya tidak terlalu banyak makan tempat. Keawetan keripik salak pondoh sendiri bisa mencapai 10 bulan hingga satu tahun. Keripik ini pun cita rasa maupun kadar gizinya tidak kalah dengan buahnya sendiri.

Awal mula pembuatan keripik salak ini pun berawal ketika harga tidak stabil, kadang tinggi sekali kadang turun drastis. Bahkan pada titik harga terendah pernah mencapai Rp. 500,- / kg. Hal ini tentu saja membuat kalang kabut para petani dan penjual buah legit ini. Dengan harga yang tidak stabil tersebutlah alternatif tersebut muncul yakni dengan memanfaatkan salak pondoh sebagai bahan utama sebuah produk makanan baru.

kripik salakTidak semua salak pondoh dapat dijadikan keripik yang berkualitas, yakni hanya salak pondoh hitam, salak lumut dan salak lokal. Daging salak pondoh yang dibuat keripik harus dipilih yang masih muda. Proses pembuatan salak pondoh menjadi keripik terlebih dahulu dipilah kemudian dikupas dan diambil dagingnya. Selanjutnya daging diiris tipis-tipis dan digoreng menggunakan penggorengan khusus yang disebut vacuum frying selama kurang lebih satu jam. Setelah melalui proses ini, maka daging salak tadi akan mengering dan kembali mengalami penyusutan hingga menjadi satu atau dua kilogram saja. Mesin penggorengan modern yang digunakan ini merupakan teknologi penggorengan dengan sistem hampa yang mampu menurunkan titik didih minyak hingga dibawah 1000 derajat celcius. Dengan teknik tersebut tidak mengurangi dari mutu, rasa, aroma dan zat gizi yang terkandung dalam salak pondoh segar walalupun sudah dalam bentuk kering.

Untuk mendapatkan keripik salak Pondoh anda dapat mengunjungi Koperasi Agrowisata Turi, yang terletak di desa Gadung, Desa Kebun Kerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

How to get there :

  1. Dari dalam kota yogyakarta menggunakan bus Trans Jogja jalur 2A dan 2B hingga halte di terminal Jombor kemudian naik bus jurusan Turi
  2. Kendaraan Pribadi ada dua rute yakni lewat Jl. Magelang dan Jl. Palagan

Hotel terdekat :

Beberapa hotel terdekat dari lokasi diantaranya Rumah Palagan Guest House, Cakra Kusuma Hotel, Sekitar Kaliurang

Tempat terdekat :

Lokasi wisata lain yang dapat Anda kunjungi diantaranya Wisata Kaliurang, Museum Gunung Merapi

Peta Lokasi :

Lihat Kripik Salak Pondoh di peta yang lebih besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • olahan salak
  • olahan salak pondoh
  • keripik salak yogyakarta
  • keripik salak pondoh
  • olahan kulit salak
  • Olahan dari salak
  • koperasi salak di jogja
  • ciri khas keripik salak pondoh jogja
  • Kripik salak
  • salak pondoh olahan kering

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,