keripik belut, godean

Selain sebagai sentra genteng terbesar di Sleman, Godean mempunyai makanan yang khas dan unik, yakni keripik belut. Belut binatang yang licin dan mirip dengan ular yang biasa hidup di sawah , rawa dan lumpur serta sungai. Bagi sebagian orang memakan kripik belut harus berpikir dua kali, namun kalau sudah mencicipinya, Anda akan merasakan kerenyahan dan kelezatannya.

sentra keripik belutKeripik belut di kecamatan Godean sudah ada sejak tahun 1980 dan waktu itu godean belum sebagai sentra pengolahan keripik hewan air yang mempunyai nama ilmiah Synbranchus ini. Lama kelamaan usaha tersebut berkembang hingga seperti saat ini berkat campur tangan Dinas Kehutanan dan Pertanian Kabupaten Sleman. Awalnya bahan baku dari wilayah Godean sendiri, namun untuk saat ini disamping penjual keripik belut semakin banyak dan lahan persawahan semakin sempit maka bahan baku sering didatangkan dari daerah Klaten, Boyolali dan daerah lainnya. Untuk mengatur kelangsungan ekonomi penjual belut, yang terdiri dari sekitar 50 pedagang, maka dibentuk satu organisasi yang bernama Paguyuban Harapan Mulya.

Harga keripik belut per kilogram rata – rata Rp. 40.000,- hingga Rp. 50.000,-. Sedangkan kebutuhan perbulan untuk memenuhi permintaan pasar masih cukup tinggi yakni berkisar antara 25 sampai dengan 30 ton, dengan perincian 90 % bahan didatangkan dari luar daerah dan 10 % dari Godean dan sekitarnya. Keripik belut dipercaya sebagai penambah vitalitas tubuh, dan rasanya yang gurih bisa dikomsumsi oleh semua lapisan umur, mulai dari anak-anak sampai dengan manula. Rasa enak dan kerenyahan keripik belut juga dipengaruhi oleh besarkeripik belut kecilnya belut, biasanya dengan ukuran yang lebih kecil itu lebih enak namun harganya juga sedikit lebih tinggi.

Pembuatan keripik belut sangat sederhana, belut segar dibersihkan kotorannya, kemudian digoreng sampai kering dengan dilumuri tepung dan bumbu sederhana. Keripik belut bisa dimanfaatkan sebagai cemilan ataupun lauk karena mempunyai kandungan protein yang tinggi. Sentra keripik belut ini dapat anda jumpai di bagian depan Pasar Godean sekitar 15 km lurus ke arah Barat dari Tugu Yogyakarta.

How to get there :

  1. Dengan menggunakan bus umum arah Godean yang paling sering bus Prayogo.
  2. Kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat

Lokasi terdekat :

Lokasi lain yang terdekat dengan tempat ini diantaranya Ancol Bligo, Desa Wisata Jethak Sidoakur

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dari lokasi tersebut diantaranya Amaris Hotel Yogyakarta atau Rumah Boedi Pavilion Yogyakarta

Peta Lokasi :

Lihat Penjual Belut Goreng di peta yang lebih besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta

Incoming search terms:

  • jual keripik belut di jakarta
  • keripik belut khas jogja
  • harga keripik belut di pasar godean
  • harga keripik belut godean 2016
  • kuliner belut di jogja
  • harga keripik belut
  • keripik belut di jakarta
  • pusat penjualan kripik belut di surabay
  • kulner di sepanjang jln godean sampai pasar godean
  • makanan di godean jogja indonesia

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,