Tempat wisata Kaliurang, terletak di kawasan gunung Merapi, mempunyai makanan khas yang patut Anda cicipi. Jadah tempe merupakan makan perpaduan jadah dan tempe bacem. Jadah merupakan penganan yang terbuat dari bahan ketan sedangkan tempe terbuat dari kedelai dan dimasak bacem. Perpaduan dua rasa yang jauh berbeda menghasilkan rasa yang unik dan pas di lidah. Rasa jadah yang cenderung gurih dipadu dengan rasa tempe bacem yang manis menciptakan sensasi di lidah dan mebuat rasa nikmat yang luar biasa.

Cara pembuatan jadah tidak terlalu rumit, yakni bahan utama berupa beras ketan direndam selama 3 jam dan kemudian dimasak bersama kelapa parut, setelah matang beras ketan yang bercampur dengan parutan kelapa di dihaluskan kemudian di kukus selama dua jam dan selanjutnya dibentuk persegi panjang atau lonjong sedangkan tempenya dimasak dengan cara di bacem yakni tempe direbus dengan bumbu antara lain ada kecap dan yang pasti gula merah untuk menghasilkan rasa manis pada tempe hingga air rebusan sampai hampir kering sehingga semua bumbu merasuk dalam tempe.

Banyak tokoh – tokoh seni yang datang ke Kaliurang hanya untuk memuaskan hasrat kulinernya, sebut saja Bagong Kussudiardja dan sang Maestro pelukis Affandi, dan masih banyak tokoh lain yang datang hanya untuk menikmati jadah tempe di kawasan Kaliurang. Saat ini sudah banyak penjual jadah tempe ini, namun satu nama yang paling terkenal adalah Jadah tempe Mbah Carik.

Sejak tahun 1950-an Mbak carik atau nama aslinya Sastro Dinomo sudah membuat makanan ini, tapi belum terkenal seperti saat ini. Trademark Mbah Carik itupun mempunyai cerita tersendiri yakni waktu itu Raja Kasultanan Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono IX berkunjung ke Kaliurang, pada saat melewati penjual makanan yang ada disekitar Telogo Putri beliau tertarik untuk mencicipi jadah tempe yang dibuat oleh Satro Dinomo dan beliau menyukainya, bahkan ketagihan. Hal ini membuat Sri Sultan Hamengku Buwono IX setelah kembali ke Kraton mengutus salah satu abdi dalemnya untuk kembali ke Kaliurang guna menemui penjual tadi dan berkenan memberikan sebutan penganan tadi agar mudah diingat. Dan karena Sastro Dinomo merupakan carik (sebutan bagi jabatan sekretaris dalam struktur di pedesaan) di Pakem, maka abdi dalem tersebut mengusulkan nama warungnya dengan nama Warung Jadah Tempe Mbah Carik. Mulai saat itulah jadah tempe mulai memasyarakat dan banyak dikenal. Warung Mbah Carik terus berkembang dan hanya satu anak dari tujuh anaknya yang mau meneruskan usahanya yakni Sudimah Wirosartino dan nama mbah Carik tetap dipakainya bahkan penerus Sudimah pun yakni Idha Kurniasih juga tetap memakainya hingga saat ini.

Warung Mbah Carik sendiri berada di Jl. Astamulya Kaliurang, namun saat ini sudah buka empat cabang di sepanjang Jalan Kaliurang. Harga paket jadah tempe sebesar Rp. 10.000,- terdiri dari 10 jadah dan 10 tempe bacem.

How to get there :

  1. Dengan bus umum dengan tujuan Kaliurang
  2. Kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat

Hotel Terdekat :

Beberapa hotel yang berdekatan dengan lokasi wisata tersebut sangat banyak diantaranya Fuji Villa Kaliurang atau Ndalem Padma Asri Guest House

Peta Lokasi :

Lihat Jadah Mbah Carik di peta yang lebih besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • oleh oleh khas kaliurang
  • oleh oleh kaliurang
  • makanan khas kaliurang
  • kuliner di kaliurang
  • resep jadah tempe mbah carik
  • alamat jadah tempe mbah carik
  • harga jadah tempe mbah carik
  • resep jadah mbah carik
  • lokasi jadah tempe mbah carik
  • wisata kuliner kaliurang

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,