yu Djum, wijilan, gudeg

Gudeg merupakan masakan berbahan baku nangka muda, yang dimasak sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa yang cenderung manis dengan lauk pendamping mulai dari tempe, tahu, telur dan daging ayam. Di Yogyakarta gudeg sudah menjadi ikon kuliner, selama di sini kalau belum menikmati masakan ini rasanya sayang banget. Penjualnya yu djum, gudeg, wijilan,barekhampir disetiap sudut kota, namun tentu saja rasa akan berbeda – beda dari satu penjual dengan penjual lain. Daerah yang menjadi sentra gudeg ada di Barek dan Wijilan, dan salah satu penjual yang menjadi legenda Wijilan adalah Gudeg Yu Djum.

Lokasi Gudeg Yu Djum sangat mudah dijangkau yakni berada di Jl. Wijilan No. 31, dari Alun alun kraton Yogyakarta ke timur, sesampainya di pertigaan belok kanan melewati lorong / plengkung Wijilan. Setelah plengkung tersebut berjajar beberapa penjual gudeg yang salah satunya adalah gudeg Yu Djum, jadi jangan sampai salah masuk warung, oke ?

Menu standart di warung ini berupa yu djum, gudeg, wijilan, barekgudeg, areh (santan kental) dan krecek, bisa juga ditambah lauk berupa tahu, tempe, telur yang dimasak pindang dan daging ayam per bagian, bisa paha, dada, kepala atau bagian lainnya yang dimasak opor. Gudeg yu Djum terasa manis namun tidak membuat eneg, ayamnya juga empuk, arehnya gurih, serta telurnya yang terasa nikmat karena rasanya merasuk sampai kedalam kuning telur. Selain untuk dikonsumsi ditempat, Gudeg Yu Djum ini bisa juga dibawa pulang sebagai oleh – oleh. Untuk kemasan buah tangan dinamakan gudeg kendhil, artinya menu yang sama namun untuk kemudahan membawanya diberikan wadah atau tempat berupa kendhil, yakni tempat yang terbuat dari tanah liat seperti halnya gerabah yang dibuat di desa sentra kerajinan Gerabah Kasongan. Gudeg kendhil ini bisa bertahan sampai 2 hari, karena berupa gudeg kering. Dibanding gudeg basah gudeg, yu djum, wijilan, kendilyang sering dinikmati memang sedikit berbeda cara memasaknya, yakni pada perebusannya hingga benar – benar kering, tanpa sisa kuah dan warnanya akan lebih tua cenderung kehitaman namun rasa tidak berbeda.

Gudeg Yu Djum selain di Wijilan juga ada di beberapa cabang salah satunya di Kawasan Barek yakni di Jl. Kaliurang Km. 4,5 Karang Asem CT III/22 dan Jl. Kaliurang Km. 5 Koncoran Gg. Sri Katon 2 Yogyakarta. Gudeg Yu Djum buka mulai jam 06.00 WIB sampai dengan jam 22.00 WIB.

How to get there:

  1. Dengan Trans Jogja jalur 2A dan 2B turun di halte Purawisata atau Taman pintar kemudian naik becak ke lokasi di Wijilan atau bus kota jalur 3 dan 14 turun di dekat MM UGM jalan ke arah timur kurang lebih 300 m
  2. Taksi
  3. Kendaraan pribadi roda 2 maupun roda 4

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dengan lokasi tersebut diantaranya Hotel Yogya Kembali, Cakra Kembang Hotel, Sekitar Jl. Kaliurang dan sekitar Malioboro

Tempat terdekat :

Lokasi lain yang dapat dikunjungi diantaranya Titik Nol, Malioboro

Peta Lokasi :

Lihat Peta Lebih Besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • resep gudeg yu djum
  • resep gudeg jogja wijilan
  • gudeg wijilan
  • ##############
  • resep gudeg kering wijilan
  • gudeg yu djum wijilan
  • resep gudeg wijilan
  • resep gudeg kering yu djum
  • gudeg yu djum wijilan jogja
  • resep gudeg wijilan yu djum

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,