GudegJika Anda ke Yogya aneh rasanya kalau tidak mencicipi masakan bernama gudeg. Makanan dengan rasa manis dengan bahan baku berupa nangka muda menjadi kuliner khas kota pelajar. Tidak heran jika setiap warung makan di Yogya apalagi yang berada sekitar kawasan Malioboro pasti menyediakan menu ini.

Nangka muda atau sering disebut gori dimasak dengan santan berbumbu hingga beberapa jam sampai mencapai kematangan dan rasa manis yang diinginkan. Lauk pendukung dari masakan ini ada beberapa seperti telur pindang, tahu, tempe atau ayam yang dimasak pakai santan atau disebut areh. Bagi yang menyukai rasa pedas tinggal tambahkan sambal goreng dengan krecek atau kulit sapi.

GudegDari segi  penyajian dan memasaknya, gudeg memiliki 2 jenis yakni gudeg kering dan basah. Gudeg basah disajikan dengan kuah santan. Sedangkan gudeg kering proses perebusan lebih lama sehingga kuahnya sampai kering dan warnanya lebih coklat. Gudeg ini lebih tahan lama dan sering dipakai sebagai oleh-oleh. Kemasan berupa besek yakni kotak yang terbuat dari anyaman bambu namun ada juga yang berupa kendil (semacam periuk kecil dari tanah liat).

Gudeg dapat kita jumpai di seluruh pelosok kota Yogakarta, namun ada dua sentra gudeg yang selalu menjadi jujugan para pecinta kuliner. Yakni gudeg Barek di Jl. Kaliurang Km. Gudeg, Wijilan, Barek4,5,  sebelah utara selokan Mataram. Kedua, adalah daerah Wijilan yang terletak di sebelah timur Alun-alun Keraton Yogyakarta atau tepatnya di selatan Plengkung Wijilan.

Untuk menikmati gudeg Yogya Anda tidak perlu khawatir dengan waktu, karena penjual gudeg berjualan dari pagi hingga tengah malam. Untuk sarapan kita bisa mendapatkan pada penjual di pasar-pasar tradisional ataupun dikawasan Barek. Saat makan siang beberapa warung ini tetap buka. Penjual gudeg di Wijilah juga buka dari pagi hingga malam. Apabila Anda ingi menikmatinya sebagai sajian makan malam kita juga bisa membelinya di lesehan sepanjang Maliobro ataupun di Jl. Adisucipto .

Penjual GudegHarga rata-rata menu ini mulai dari Rp. 7000 sampai dengan Rp. 35.000 tergantung lauk yang diminta seperti  telur, ayam, tahu serta tempe. Sedangkan satu besek atau kendil bisa Anda dapatkan dengan harga pada kisaran Rp. 50.000  sampai dengan Rp. 200.000. Selain gudeg ada banyak oleh-oleh yang bisa kita bawa pulang seperti bakpia pathuk. Destinasi kuliner lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah  lesehan Terang Bulan dan Gudeg Permata.

How to get there?

Taksi
Becak

Hotel terdekat Yogya Kembali Hotel dan LPP Garden Hotel

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • gudeg jogja wijilan
  • masakan khas jogja
  • makanan kuliner gudeg
  • kuliner tradisional khas yogya
  • makan gudeg
  • alamat kuliner gudeg
  • krecek gudeg
  • makan khas jogjakarta
  • makanan gudeg
  • makanan gudek

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4