geplak, bantul

Jogja terkenal dengan cita rasa masakan yang memiliki rasa manis salah satunya gudeg yang sudah menjadi ikon kota dan mendapatkan julukan kota gudeg. Salah satu wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta yakni kota Bantul mempunyai satu penganan berasa manis dan juga menjadi ikon.

geplak, geplak jagoDahulu geplak menjadi makanan pokok orang Bantul pada masa paceklik, namun saat ini lebih dikenal sebagai makan ringan bahkan sebagai oleh – oleh khas Bantul, Yogyakarta. Bahan dasar geplak adalah daging kelapa yang masih muda, gula dan tepung beras atau tepung ketan. Semua bahan dapat dihasilkan di Bantul sendiri. Kelapa muda banyak tersedia, karena secara geografis letak Bantul di pesisir pantai selatan. Kemudian tepung beras atau tepung ketan, Bantul juga terkenal sebagai penghasil padi yang lumayan bagus, sedangkan gula, sejak jaman Belanda menjadi salah satu sentra pabrik gula yakni tercatat hampir 6 lokasi pabrik gula terdapat di Bantul dan salah satu yang masih eksis sampai saat ini adalah Pabrik Gula Madukismo. Jadi benar benar produk lokal dan menjadi makanan khas daerah itu sendiri.

Namun pada perkembangannya geplak tidak hanya menggunakan gula dari tebu saja melainkan dengan gula yang terbuatgeplak, geplak raksasa, muri dari pohon kelapa. Sehingga waktu itu dapat disajikan dalam dua warna, yakni yang menggunakan gula tebu maka geplaknya berwarna putih ke abu-abuan dan yang menggunakan gula kelapa akan menghasilkan geplak berwarna coklat. Seiring banyaknya tuntutan konsumen dan persaingan yang ketat, maka saat ini geplak dapat ditemui dalam berbagai rasa dan dengan warna yang beragam. Dari rasa saat ini sudah muncul rasa durian, stroberi, jeruk dan lain sebagainya. Sedangkan warna juga bermacam macam ada merah, kuning, hijau, pink. Namun kesemuanya itu tidak membahayakan atau memberi efek yang merugikan para penikmat geplak, karena rasa yang beragam tadi diambil langsung dari sari buah masing-masing sedangkan warna menggunakan pewarna yang sudah terdaftar aman oleh Departemen Kesehatan RI.

Cara pembuatan geplak cukup simple yakni semua bahan dasar tadi dicampur dengan daun pandan, air, garam, dan vanilla bubuk di sangrai hingga benar – benar matang agar geplak yang dihasilkan dapat bertahan lama dan dapat dijadikan oleh – oleh kemudian dibentuk semacam bola dengan cara di kepal-kepal saja tanpa menggunakan cetakan. Nilai gizi yang geplakdihasilkan oleh geplak ini cukup tinggi, berdasarkan penelitian Universitas Gajah Mada Yogyakarta, setiap 100 gramnya terkandung 74 gram karbohidrat, 14 gram lemak, 10 gram air, protein 10 gram dan kandungan kalori sebesar 2 gram. Bahkan geplak ini pun pernah meraih Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam kategori rekor “Geplak Terbesar di Dunia” yang dibuat pada tahun 2002 bersamaan pada event Bantul Expo 2002 di Lapangan Dwi Windu. Geplak tersebut berukuran 2 meter dan lebar 2,25 meter dengan bahan gula sebanyak 1,6 ton, kelapa 360 butir, tepung 4 kuintal, pewarna serta aroma 1 ons. Dengan waktu pembuatan selama 7 hari penuh dengan menghabiskan biaya sebesar Rp. 20 juta.

Geplak sangat mudah didapatkan hampir semua toko oleh – oleh di Yogyakarta, terutama penjual yang berada di jalan utama keluar ataupun menuju kota Yogyakarta atau lokasi lokasi fasilitas umum, seperti terminal, bandara dan stasiun kereta. Namun jika Anda ingin berbelanja sekaligus ingin melihat proses pembuatannya, dapat mengunjungi salah satu tempat yang memproduksi langsung yakni toko Geplak Jago yang berada di Jl. Wakhid Hasyim No. 28, Gose, Bantul.

How to get there :

  • Untuk menuju lokasi pembuatan geplak bisa menggunakan angkutan umum yang menuju arah pantai Samas atau Palbapang
  • Kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dari kota Yogyakarta melewati jalan raya Yogya Bantul, ikuti jalan tersebut hingga tempat yang dituju yakni setelah pasar Bantul terlewati kurang lebih 1 km.

Hotel terdekat :

Hotel terdekat diantaranya Pramesthi Jogja, Dusun Jogja Village Inn, sekitar Prawirotaman

Tempat terdekat :

Beberapa tempat terdekat yang dapat dikunjungi Gereja Ganjuran, Pantai Goa Cemara

Peta Lokasi :

Lihat Geplak Jago di peta yang lebih besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • geplak
  • geplak jogja
  • geplak yogyakarta
  • jajan geplak
  • geplak manis
  • gambar geplak
  • geplak bantul
  • geplak jago
  • tempat jual geplak di jogja
  • foto geplak

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,