Mungkin Anda bertanya-tanya dalam hati,”Bakpia mana sih yang asli Jogja?” Jika Anda menanyakan hal itu, jawabannya adalah,”Semua bakpia memang asli Jogja.” Pertanyaan selanjutnya adalah,”Bakpia mana yang muncul pertama kali?” Jika Itu pertanyaannya, jawabannya adalah bakpia Yung Yen.

Yung Yen adalah pembuat kue pia di Jogja, yang kemudian oleh orang-orang Jogja disebut sebagai bakpia. Mungkin karena selain membuat kue pia, dia juga membuat bakpao. Untuk membedakan kue pia buatannya dengan kue-kue pia buatan orang lain di kampung Patok, Yung Yen memberi label kue pia atau bakpianya dengan nama bakpia 75, sesuai dengan nomor rumahnya di daerah Patok. Pada mulanya, Yung Yen menawarkan bakpianya dari rumah ke rumah di kampung-kampung di sekitar Patuk. Ketika bakpianya menjadi semakin dikenal banyak orang, mereka selalu mencari bakpia dengan merek 75 buatan Yung Yen yang dikenal dengan rasanya yang unik.

Sampai saat ini, bakpia 75 masih mempertahankan namanya. Bukan hanya nama 75 yang tetap dipertahankan, rasa dan cara memasaknya pun masih tetap menggunakan cara tradisional. Bakpia 75 juga tetap menggunakan bahan-bahan tradisional sehingga cita rasanya juga tidak berubah meskipun telah melewati sekian dasa warsa. Tangan manusia juga masih dipercaya untuk mengerjakan pembuatan bakpia meski jumlah pesanan bakpia yang diterima oleh bakpia 75 setiap harinya memungkinkan industri ini untuk melakukan manufacturing.

Dalam perkembangannya, bakpia 75 menemukan aneka rasa baru seperti rasa coklat dan keju yang kemudian melengkapi rasa bakpia yang telah ada sebelumnya, yaitu rasa kacang hijau. Namun, meskipun sekarang ini muncul aneka ragam bakpia dengan variasi rasa yang baru, cita rasa kacang ijo khas Bakpia 75 tetap menjadi buruan para wisatawan. Kacang ijo yang lembut, empuk, serta tidak membuat eneg setelah menyantap beberapa biji bakpia ini membuat bakpia 75 tidak pernah kehilangan pelanggan setianya.

Jika Anda ingin mengunjungi toko bakpia ini, silahkan singgah ke Jl. KS. Tubun No. 75 yang menjadi tempat pertama pembuatan bakpia Patok. Selain itu, Anda juga dapat menemukannya di Jl. KS. Tubun no. 83, Jl. HOS Cokroaminoto 119B, dan Jalan Magelang Km 4,5. Selain itu, Anda juga dapat menemukan bakpia 75 di berbagai toko oleh-oleh yang tersebar di sepanjang jalan Semarang-Jogja, Jogja-Solo, maupun Jogja-Purwokerto.

Info pengunjung:

–       Toko di Patok buka dari pukul 09.00 sampai 21.00.

–       Harga mulai dari Rp25.000,- per dus.

Harga yang tercantum ter up date pada January 2013. Harga sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kondisi.

–      Bakpia yang masih panas sebaiknya dibuka terlebih dahulu agar tidak cepat rusak.

–      Bakpia kacang hijau dapat bertahan sekitar 6-10 hari dengan cara penyimpanan yang benar.

Bakpia lain yang perlu Anda coba antara lain Bakpia Kurnia Sari, Bakpia 25, dan Bakpia Citra terutama dengan rasa premiumnya yang baru.

Hotel di sekitar tempat ini antara lain Merapi Hotel, Grage Yogya Hotel dan Malioboro Inn Hotel.

How to get there:

  1. Bus : Anda dapat menggunkan bus yang melewati Jl. Malioboro ataupun Bus Trans Jogja, lalu menggunakan becak untuk menuju lokasi.
  2. Taksi : Vetri  (0274) 563551, Armada Taxi  (0274) 517248
  3. Rental Mobil.

Map

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • bakpia 75
  • bakpia pathok 75
  • harga bakpia pathok 75
  • bakpia pathok 75 di jakarta
  • bakpia pertama di jogja
  • Sejarah Bakpia pathok 75
  • sejarah bakpia 75
  • bakpia 75 yogyakarta
  • home industri pia di jakarta
  • pemilik bakpia pathok 75

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,