mie pak rebo, Bakmi jawa

Mie merupakan makanan yang jumlah variannya berjibun, mulai mie ayam yang sangat popular beberapa waktu lalu, kemudian mie letheg, mie Aceh, mie ongklok, mie Jawa, dan lain sebagainya. Di Yogyakarta pun jika mau menemukan penjual mie juga sangat banyak, ada Bakmi Kadin, Bakmi pele, bakmi mbah Mo.

Namun kiranya belum pas jika Anda sedang di Yogyakarta belum mencicipi kelezatan bakmi pak Rebo atau dikenal dengan nama Bakmi Kintelan. Warung ini termasuk yang tertua dari beberapa warung bakmi yang ada di Yogyakarta. Bahkan warung Bakmi ini lebih dulu hadir daripada Bakmi Mbah Mo, yang merupakan adik ipar mie pak rebo, bakmi Jawapak Rebo. Pak Rebo telah merintis usahanya sejak tahun 1945, semenjak buka pun sudah banyak orang rela antri untuk mendapatkan semangkuk mie pak rebo ini. Warung Bakmi ini melayani para pembelinya mulai pukul 17.00 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB

Sepeninggal pak Rebo, usahanya diteruskan oleh istrinya dan dibantu oleh anak-anaknya yang kemudian memindahkan warung mereka dari depan SD Kintelan ke Selatan SD Kintelan yang berupa warung permanen tepatnya di Jl. Brigjend Katamso No. 167 Yogyakarta. Dalam sehari Bakmi pak Rebo bisa menjual sebanyak 200-an porsi, menghabiskan 8 Kg mie kuning, telur sebanyak 200-an butir dan 7-8 ekor ayam kampung.

Hal yang berbeda dari bakmi pak Rebo dengan bakmi lainya adalah cara memasaknya. Pak Rebo memasak satu persatu pesanan yang masih menggunakan tungku dari tanah liat dan bahan bakar arang. Cara tersebut dipertahankan oleh penerus pak Rebo untuk menjaga kualitas bakmi bagi para pelanggannya. Satu hal lagi yang mungkin tiada duanya yakni Bakmi pak Rebo tidak pernah menggunakan kecap, sehingga secara fisik bakmi pak Rebo kelihatan pucat, walaupun demikian untuk rasa boleh diadu. Untuk yang senang menggunakan kecap bisa menambahkan sendiri berupa sambal kecap.

Jika diperhatikan, bakmie goreng pak Rebo tidak terlalu kering atau bisa dibilang nyemek. Dengan mengunakan telur bebek danmie pak rebo, bakmi jawa suwiran daging ayam kampung yang banyak, membuat bakmi goreng maupun godog penuh dengan protein. Perpaduan yang pas antara mie kuning yang lembut dengan suwiran daging ayam yang besar dan banyak serta telur bebek dan tentunya dengan bumbu – bumbu menghasilkan cita rasa lezat. Entah kenapa yang menjadi ciri khas bakmie pak Rebo jika dibungkus untuk dibawa pulang pengikat bungkus atau penusuk yang biasanya berupa staples atau lidi, pembungkus bakmie pak Rebo ini berupa paku kecil.

Untuk menikmati Bakmie pak Rebo satu porsi bakmie godog maupun goreng dibanderol sekitar Rp. 15.000,- sedangkan minuman rata rata Rp. 2.000,-

How to get there :

  1. Dengan menggunakan Trans Jogja jalur 2A dan 2 B turun di halte Purawisata, operasional trans Jogja sampai jam 9, lebih dari jam tersebut bisa menggunakan becak atau andong.
  2. Dengan kendaraan pribadi
  3. Taksi

Tempat terdekat :

Lokasi lain yang dapat Anda kunjungi diantaranya Purawisata, Alun alun kidul, Kampung Dipowinatan

Hotel terdekat :

Hotel terdekat dari lokasi tersebut diantaranya Hotel Indah Palace, Hotel Airlangga

Peta Lokasi :

Lihat Bakmi Pak Rebo di peta yang lebih besar

Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • bakmi goreng jawa kintelan
  • mie nyemek jogja
  • bakmi pak rebo
  • Bakmi Jawa Pak Rebo Keparakan Kota Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta
  • bakmi jawa pak rebo kota yogyakarta daerah istimewa yogyakarta
  • bakmi jawa jogja
  • bakmi pak rebo yogyakarta
  • bakmi nyemek jogja
  • mie godog jogja
  • bakmi pak rebo yogya

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,