Satu lagi makanan yang terkenal dan cukup legendaris di Jogja, yang kali ini bukan berupa gudeg, pecel, ataupun brongkos. Tempat kuliner yang satu ini adalah warung Bakmi Mbah Mo. Warung ini terletak cukup jauh dari pusat kota Jogja, sekitar 15 km dari Pusat Kota. Meskipun letaknya yang cukup jauh dari pusat keramaian, tempat ini menjadi pusat keramaian tersendiri bagi para pencinta kuliner, khususnya pecinta kuliner Jogja.

Warung bakmi ini sudah beroperasi sejak tahun 1980an dan sudah mempunyai penggemar setia di sampai ke seluruh pelosok negeri. Mbah Mo sendiri sudah meninggal, dan warung bakmi ini diteruskan oleh istri, anak, dan menantunya. Keistimewaan bakmi ini terletak pada cita rasanya yang tidak berubah dari masa ke masa. Bakmi ini dimasak dari sebuah anglo dengan bahan bakar arang. Dengan satu-satunya anglo inilah, warung bakmi Mbah Mo melayani semua pelanggannya. Tidak mengherankan apabila Anda harus rela menunggu cukup lama untuk menikmati bakmi yang satu ini. Sembari Anda menunggu, Anda dapat menikmati sajian teh yang nasgitel (panas, sepet, legi, kentel) khas Jogja. Kekhasan teh ini adalah hadirnya gula batu yang menjadi pemanis secangkir teh Anda. Dan pada akhirnya, penantian Anda akan tuntas dengan hadirnya bakmi godhog atau bakmi goreng yang dari aromanya sudah terbanyang kelezatannya. Anda dapat menikmati tepatnya paduan telur bebek dengan bakmi buatan sendiri, dengan cara masak tradisional yang menghadirkan kematangan bakmi yang unik.

Dengan segala cita rasanya, tidak mengherankan apabila jika Anda datang setelah pukul 18.00, Anda harus rela antri sampai sekitar 1 jam. Bahkan, pada waktu liburan lebaran atau akhir tahun, panjangnya antrian bisa sampai 200 antrian. Bisa dibayangkan berapa jam mereka harus menunggu jika satu bakmi dimasak dalam waktu 5 – 10 menit. Inilah yang membuat bakmi Mbah Mo semakin unik. Bakmi ini menolak untuk didekte oleh pasar yang menghendaki pelayanan yang cepat dengan layanan super, dengan tempat yang nyaman, dengan aneka keluhan dan tuntutan pasar yang lain. Bakmi Mbak Mo menolak kapitalis yang menawarkan bantuan dana untuk perluasan tempat, pemutahiran peralatan, dan pengayaan sumber daya. Bakmi Mbak Mo memaksa para penggemarnya mencicipi cita rasa bersabar, patuh pada aturan, patuh pada tatanan, berbagi dengan orang lain, menghormati para pendahulu, menghargai kesederhanaan, menghargai mereka yang membuat aturan, tidak mengeluh, tidak menuntut, dan sekaligus menciptakan komunitas di antara mereka yang sama-sama bersabar menunggu. Bakmi Mbah Mo mengajarkan sebuah seleksi alam, mereka yang bersabar akan menuai kenikmatan pada akhirnya; sementara mereka yang tidak mau bersabar harus berdamai dengan ketidakberhasilan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Ini adalah kearifan Jawa yang tidak mau ditawar dengan gelimang rupiah.

How to get there:

Karena tempat ini agak sulit dicapai dengan kendaraan umum, ada baiknya Anda menggunakan taksi atau kendaraan pribadi. Dari arah Jogja, ikuti Jl. Parangtritis sampai ke perempatan Manding. Belok kanan, kemudian sampai di pertigaan belok kanan hingga Anda menemui jalan bercabang. Ambil jalan yang ke kiri hinga menjumpai perempatan. Belok kanan kurang lebih 400 meter anda akan menemukan gapura dusun Code. Dari situ ada beberapa petunjuk untuk sampai ke warung Bakmi Mbah Mo. Jika Anda kebingungan, Anda bisa bertanya pada orang di sana. Tempat ini sudah sangat terkenal.

Kuliner legendaris lain yang layak Anda coba di antaranya SGPC BU Wiryo, Gudeg Yu Djum, dan Soto Kadipiro.

Setelah puas mencicipi BAkmi Mbah Mo, Anda bisa beristirahat di Dusun Jogja Village Inn, Gloria Amanda Hotel atau Ameera Boutique Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • bakmi mbah mo
  • mbak mo
  • bakmi mbak mo daera
  • bakmi mbak mo
  • warung bakmi jawa jogja
  • mbak mo bakmi
  • Memasak dengan arang anglo
  • mie 2jaman jogja
  • MIE jowo mbah mo
  • nasgitel jogja legendaris

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,