Dalam dongeng rakyat Jawa, ayam mempunyai aneka cerita dengan peran yang cukup signifikan dan membawa perubahan. Beberapa kisah yang berhubungan dengan ayam di antaranya adalah ayam jago Cindelaras yang mempersatukan ayahnya yang seorang raja dengan ibunya, sang permasuri yang terbuang. Ada juga ayam jago yang digunakan oleh Roro Jonggrang untuk mengelabuhi Bandung Bondowoso dalam legenda Candi Prambanan. Satu lagi adalah peristiwa sabung ayam yang menjadi setting pembunuhan sekaligus kudeta Tohjaya terhadap saudara tirinya, Anusapati, Raja Singosari; yang berkaitan erat dengan mitos Keris Empu Gandring.

Bukan hanya dalam cerita, dalam hal kuliner pun ayam mempunyai tempat yang cukup istimewa bagi para peracik maupun penikmat kuliner, dengan keanekaragaman jenis olahannya. Ada olahan dengan kuah, dengan santan, digoreng, dibakar, dikukus, dan masih banyak lagi. Aneka olahan tersebut masih mempunyai banyak ragam di setiap daerah, disesuaikan dengan selera masyarakat setempat. Seiring berjalannya waktu, kreativitas dan imaginasi para  peraciknya menentukan keanekaragaman olahan daging ayam.

Satu varian olahan ayam dapat Anda temukan di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km.9, di Ayam Geprek Istimewa, Yogyakarta. Ayam geprek adalah ayam goreng yang ditumbuk dengan ulekan sehingga dagingnya tercerai berai dan  kemudian dihidangkan dengan sambal yang menggugah selera. Yang istimewa dari Ayam Geprek Istimewa adalah ayam yang digunakan. Resto ini menggunakan ayam kampung sebagai pilihan. Daging ayam kampung akan terasa empuk jika dimasak dengan tepat; namun jika tidak tepat dalam pengolahannya, daging akan menjadi alot. Dan ayam kampung di sini terasa empuk dengan bumbu yang meresap bukan hanya dalam daging tapi sampai ke dalam tulang.

Satu porsi ayam geprek berisi satu ayam goreng yang digeprek dengan taburan bawang goreng dalam jumlah yang cukup banyak, potongan mentimun, dan sambal pedas yang nonjok habis. Menu lain yang tidak kalah istimewa adalah ayam pencok. Ayam pencok adalah ayam geprek yang  diberi pencok kacang panjang (sejenis karedok dengan bumbu cabai rawit dan kencur sehingga menghasilkan aroma yang kuat) dan taburan bawang goreng. Selain kedua menu tersebut, Anda juga dapat menikmati pilihan menu lain seperti ayam sambel ijo atau menu yang bukan ayam seperti empal geprek, iga geprek, atau sop iga. Untuk camilannya, Anda dapat mencoba nikmatnya tempe kemul dengan bumbu kacang dan tahu susur (tahu isi sayuran) yang dapat Anda santap dengan cabai rawit. Camilan-camilan ini dapat menjadi pengantar sebelum Anda menikmati ayam geprek istimewa dengan sambalnya yang menawan lidah Anda.

Info Pengunjung:

–          Resto ini buka setiap hari Senin – Minggu dari pukul 10:00 – 21:00 WIB

–          Harga ayam gepreknya mulai dari 9.000 per porsi. Untuk sambelnya GRATIS.

Tempat kuliner lainnya di sekitar Jl. Palagan adalah  Sasanti Restaurant and Gallery  dan Ngomah Resto.

Hotel terdekat : Hyatt Regency Hotel, D Omah Boutique, dan Villa Pakem.

How to get there :

  1. Bis Kota : Naik bis jalur 5, turun di depan Ayam Geprek Istimewa.
  2. Ojeg : Naik ojek dari perempatan Monjali.
  3. Taksi : Centris (0274)512548, Vetri (0274)563551, Jas atau Citra (0274)373737

Map

Lihat Peta Lebih Besar

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

 

 

Incoming search terms:

  • ayam geprek jogja
  • sejarah ayam geprek
  • arti geprek
  • asal usul ayam geprek
  • asal mula ayam geprek
  • asal ayam geprek
  • resep ayam geprek
  • Pengertian geprek
  • resep ayam geprek istimewa
  • arti ayam geprek

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,