AngkringanAngkringan adalah istilah yang digunakan untuk menyebut penjual makanan dan minuman sederhana yang memakai gerobak atau angkring. Dahulunya para pedagang angkringan ini berjalan keliling namun saat ini kembanyakan mempunyai tempat mangkal tersendiri. Begitu juga dengan Angkringan Lik Man ini. Angkringan tersebut mangkal di sebelah utara Stasiun Tugu tepatnya di Jl. Wongsodirjan. Tidak sulit menemukan tempat ini karena setiap malam selalu ramai dikunjungi. Dari arah Tugu Yogyakarta arahkan kemudi Anda lurus ke selatan.  Sebelum masuk area stasiun ada jalan satu arah dari barat, disitulah Angkringan Lik Man berada.

Belum ada yang tahu mengapa angkringan ini disebut ‘Akringan Lik Man’ padahal penjual yang biasa dipanggil Lik Man bernama Siswo Raharjo. Orang tua Siswo, Pawiro-lah yang menjadi pelopor penjual angkringan di kawasan ini. Saat itu, Pawiro yang berasal dari Cawas, Klaten tersebut berjualan dengan berkeliling di sekitar Stasiun Kereta Api Tugu. Ia mulai berjualan tahun 1950 dan digantikan anaknya pada tahun 1969. Sekitar tahun tujuh puluhan Siswo Raharjo mulai menetap di utara stasiun.

  Angkringan ini semakin hari kian bertambah banyak. Itu sebabnya jika tempat duduk mengitari angkringan sudah penuh, maka saat pengunjung memilih duduk lesehan di pinggir jalan. Makanan yang disajikan hampir sama dengan angkringan pada umumnya yakni nasi kucing yakni nasi dengan porsi kecil plus lauk. Porsi nasi kucing biasanya seukuran  satu gengaman tangan. Yang membedakan angkriangan ini dengan di tempat lain adalah menu istimewa kopi joss. Kopi hitam kental ini dicelupin bara arang dari tungku yang seketika berbunyi “joss” sehingga orang menyebutnya ‘kopi joss’. Bagi yang tidak senang minum kopi masih banyak menu minuman lain seperti teh, jahe, jahe susu dan lain-lain. Untuk makanan selain nasi kucing, Anda bisa memilih bermacam gorengan, mendoan, tahu susur dan kepala ayam yang di goreng manis (bacem).

Harga setiap makanan di angkringan ini sangat murah. Sebungkus nasi kucing seharga Rp. 1.000. Aneka gorengan rata-rata Rp. 500. Bermacam sate pada kisaran Rp. 1.000 hingga Rp. 2.000. Sedangkan aneka minuman mulai dari Rp. 1.000 – Rp. 2.500. Setelah berkuliner di Angkringan lik Man Anda bisa langsung berwisata ke nol kilometer Yogyakarta dan menikmati suasana kota Yogyakarta yang indah.

Destinasi kuliner lain yang perlu Anda coba adalah  Raminten dan Warung Pak Pele yang tidak terlalu jauh dengan Angkringan Lik Man.

How to get there?

Taksi

Andong

Becak

Hotel terdekat Whiz Hotel, Mutiara Hotel dan Hotel Poncowinatan.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook

Incoming search terms:

  • minuman khas jogja
  • menu minuman angkringan
  • aneka minuman angkringan
  • angkringan malam
  • harga nasi kucing
  • sego kucing jogja
  • menu minuman angkring
  • nasi kucing jogja
  • resep sambal teri angkringan
  • pin bb cah cawas klaten

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,