IMG_0054

Melancong ke sebuah kota tak lengkap jika melewatkan sajian kulinernya. Kota Solo misalnya. Selain terkenal dengan tengkleng, sate kere, nasi liwet dan tahu kupat, ada satu sajian yang wajib Anda cicipi yakni timlo. Maka jika ke Solo mampirlah ke kedai Timlo Sastro yang berada di kawasan Pasar Gede.

IMG_0033Tempatnya tidak istimewa, hanya menempel pada salah satu sudut trotoar pasar. Namun soal rasa Timlo Sastro boleh diadu. Berdiri sejak tahun 1952, jajaran bangku warung kaki lima ini tak pernah sepi. Pengunjung datang silih berganti merasakan menu timlo. Anda bisa mencicipi timlo komplit yang berisi sosis, telur dan ampela ati. Oya soal isian, Anda bebas memilih. Jika tak suka ampela, kita bisa meminta racikan lain kepada si empunya kedai. Agar timlo makin enak, tambahkan sedikit sambal agar ada sensasi rasa pedas. Untuk ukuran hidangan makan siang, porsi timlo plus nasi putih Timlo Sastro cukup pas. Seporsi sajian ini sanggup membuat perut yang lapar menjadi kenyang. Bagi para wisatawan yang datang ke Solo, timlo juga cocok untuk hidangan sarapan. Pilihan menu minuman juga cukup banyak. Kita bisa memilih teh, jeruk panas dan kopi. Jika ingin lain dari biasanya, Anda bisa coba es kuas, es stroop, es beras kencur, es karamel dan masih banyak lagi. Seporsi timlo komplit seharga Rp. 18 ribu sedangkan nasi putihnya Rp. 4 ribu. Aneka minuman berkisar dari Rp. 2 ribu hingga 5 ribu, khusus untuk soda gembira Rp. 10 ribu.

IMG_0047Nah, kendati pengunjung tak pernah berhenti silih berganti memasuki warung, toh Anda tidak akan pernah dibuat lama menunggu. Sajian timlo akan hadir ke meja kurang dari 10 menit. Ya, mereka memang sudah meracik sajian timlo, sehingga saat pelanggan datang mangkok-mangkok yang tersedia itu tinggal disiram dengan kuah panas. Alhasil kita tak perlu lama menunggu kendati warung dalam suasana yang ramai.

Selain menawarkan rasa yang lezat, Timlo Sastro juga menghadirkan keunikan lain. Cobalah perhatikan saat Anda akan membayar. Si pelayan kedai tak menggunakan kalkulator untuk menghitung aneka pesanan. Ia menggunakan papan kayu seukuran nampan dan menggunakannya untuk menulis harga-harga pesanan dengan kapur. Kecepatan menulisnya pun tak kalah jika diadu dengan kalkulator. Menarik bukan?

Timlo Sastro yang beralamat di Jl. Pasar Gede Timur No. 1-2 ini buka sejak pukul 06.30 – 15.30. Untuk mencapainya Anda dapat naik angkutan kota, andong ataupun becak.

IMG_0042Selain Timlo Sastro Anda bisa mencicipi kuliner malam khas Solo Galabo, Tahok Pak Citro Solo dan Gudeg Ceker Margoyodan Solo.

Beberapa hotel di Solo yang bisa Anda singgahi selama wisata adalah Kusuma Sahid Prince Solo Hotel, Solo Paragon Hotel & Residences dan Sahid Jaya Solo Hotel.

Peta lokasi View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 11 Februari 2014

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • kuliner murah di kota yogyakarya
  • kuliner surakarta
  • kuliner surabaya murah meriah
  • surakarta kuliner
  • stroop beras kencur solo
  • stroop beras kencur solo di jakarta
  • alamat jual timlo surabaya
  • tahu kupat solo komplit
  • timlo citro solo
  • timlo di surabaya

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,