Pernah mendengar kuliner sup matahari? Pernah mencobanya?

Bagi Anda yang pernah singgah di Solo, mungkin Anda cukup akrab dengan makanan ini. Namun, bagi Anda yang tinggal jauh dari Jawa Tengah dan DIY, mungkin makanan ini masih asing bagi Anda. Sup matahari adalah sup yang terbuat dari daging cincang (bisa daging sapi atau ayam) yang dicampur dengan jamur dan sosis. Cincangan daging dan campuran tersebut dibungkus dengan dadar tipis dan dibentuk seperti lingkaran. Dadar pembungkusnya disayat menjadi delapan bagian dan dibuka dengan daging cincang di bagian tengahnya. Dadar yang terbuka yang menyerupai bentuk matahari ini kemudian disiram dengan kuah sup yang encer dan bening namun terasa gurih. Inilah kekhasan sup matahari asli Solo.

Jika Anda penasaran ingin mencicipi makanan ini, silahkan berkunjung ke sebuah warung Warung Es Masuk di Solo. Warung ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Solo meskipun letaknya cukup tersembunyi. Dengan lokasi yang nyaman, di pekarangan sebuah rumah kuno dan furnitur tradisional, tempat ini menjadi pilihan tepat untuk bersantap siang. Meja, kursi, serta dinding yang terbuat dari kayu menghadirkan suasana sejuk dan bersahaja sehingga dapat menghadirkan sedikit relaksasi bagi para pekerja dan pelajar di tengah kegiatan yang padat.

Sesuai dengan namanya, warung ini menyediakan beragam es. Anda dapat menikmati es dawet selasih, es beras kencur, es tape, es degan, es campur, es teler, dan aneka es lainnya baik yang tradisional maupun yang modern. Selain itu, warung ini  juga menyediakan aneka makanan, meskipun namanya warung Es Masuk. Masakan-masakan yang tersedia adalah masakan khas Solo, seperti : Selat Solo, Timlo, Sup Matahari, sosis Solo. Tersedia juga soto, nasi rames, garang asem, pecel, serta lauk pendamping seperti sate usus, sate, sate udang, sate kulit ayam, perkedel kentang, dan masih banyak lagi.

Suasana makan Anda akan terasa sangat istimewa dengan hadirnya orkes tradisional yang biasa memainkan lagu-lagu keroncong dan campur sari. Kehadiran para pemusik ini menghadirkan suasana yang nglaras (santai dan rileks) sehingga benar-benar mampu mengurangi kepenatan Anda. Anda juga dapat memesan lagu kesukaan Anda untuk menemani saat bersantap Anda, tentu saja akan lebih pantas jika Anda memberikan imbalan bagi mereka yang sudah memainkannya.

Jika Anda ingin mengunjungi tempat ini, silahkan datang ke Jl. Yos Sudarso 233, Pasar Kliwon, Solo.

Info pengunjung:

–          Es Masuk mempunyai cabang di Jl. Raya Grogol no.60, Sukoharjo, Solo.

–          Harga makanan mulai Rp4.500,- sedangkan harga minuman mulai Rp2.500,-

(Harga tersebut diatas adalah harga update November 2012. Harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi.)

Kuliner lain yang dapat Anda kunjungi : Es Krim Tentrem, Toko Roti Orion, dan Ayam & Bebek Goreng Pak Ndut.

Hotel terdekat : Hotel Baron Indah, Hotel Indah Palace, dan Riyadi Palace Hotel.

How to get there :

–          Bus :  Anda dapat menggunakan bus Nusa A dan Surya Kencana E.

–          Taksi : Kosti Solo (0271) 856300 dan Solo Sentral (0271)728728

Map

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • resep sup matahari khas solo
  • sup matahari khas solo
  • resep sup matahari
  • es teler enak di solo
  • es masuk solo
  • sup matahari
  • es campur solo
  • part 3 solo
  • es teler di solo
  • es masuk grogol

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,