Jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka jajanan Solo tempo dulu, tempat ini dapat menjadi referensi Anda. Di sini Anda dapat menikmati beberapa makanan yang sudah semakin langka ditemui di pasaran. Tempat makan ini adalah Rumah Makan Mbah Semar.

Rumah Makan Mbah Semar memiliki suasana tempo dulu yang kental. Sebuah jam besar dengan model antik bermerk Junghans menghiasi rumah makan ini. Dua papan besar yang mencantumkan  menu jaman dulu masih terpasang disana. Menu-menu yang tertulis disana antara lain Suryo Ndadari, Cap Jae, Nasi Merdeka, Misoa, Pak Lae,  Soklat Susu, Wedang Serbat, Es Kuas, dan Es Setrup.

Kini menu-menu tersebut sudah tidak disajikan lagi. Menu yang masih disajikan dan menjadi andalan rumah makan ini adalah Garang Asem. Garang Asem olahan rumah makan Mbah Semar ini sangat istimewa, karenanyalah rumah makan ini masih terus bertahan hingga sekarang.

Garang Asem adalah kuliner yang terbuat dari ayam kampung dengan bumbu cabe rawit, tomat hijau, dan belimbing wuluh, dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Sepintas garang asem ini sama dengan garang asem Kudus. Salah satu perbedaan keduanya terletak pada penggunaan cabainya. Garang Asem Mbah Semar tidak menggunakan terlalu banyak cabai sehinga rasanya tidak terlalu pedas. Perbedaan utamanya adalah penggunaan telur pada garang asem Mbah Semar. Dalam setiap bungkus garang asem diberi sebutir telur ayam yang ketika dikukus, putih telur akan bercampur degan kuah kaldu ayam sehingga kuahnya akan berubah agak kental, sedangkan kuning telurnya akan menggumpal.

Menu lain yang juga menjadi favorit pengunjung adalah Pis Kopyor. Pis Kopyor adalah jajanan yang sudah semakin langka ditemui. Jajanan ini berupa potongan roti tawar yang dicampur dengan serutan kelapa muda,potongan pisang, santan dan gula, yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

Lokasi rumah makan ini tidak jauh dari bandara Adisumarmo, yaitu di Jl. Adisumarmo No.14, Ngabeyan, Kartasura, Solo.

How to get there:

  1. Bus :  Anda dapat menggunakan bus Surya B atau Nusa B jurusan Palur-Kartosuro.
  2. Taxi

Kuliner  yang dapat Anda kunjungi lainnya adalah Serabi Notosuman, Omah Ndeso, dan Nasi Pecel dan Sop Bu Ugi.

Hotel terdekat antara lain Riyadi Palace Hotel, Novotel Solo, dan Solo Paragon Hotel & Residence.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • kuliner khas solo
  • garang asem mbah semar
  • alamat tempat makan makanan khas di solo
  • rumah makan khas solo di bandung
  • garang asem kartosuro
  • rumah makan khas solo
  • rumah makan di surakarta
  • rumah makan di kartasura
  • resep pis roti
  • piss kopyor solo

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,