Selain terkenal dengan Kupat Tahunya, Magelang juga terkenal dengan satu kuliner lainnya, yaitu Gethuk. Makanan yang berbahan baku ketela pohon ini adalah makanan yang paling populer di Magelang. Atau malah sebaliknya, makanan yang paling populer di Magelang  adalah gethuk. Mungkin dua-duanya benar. Bahkan, gethuk bukan hanya populer di Magelang saja, tetapi juga sampai ke penjuru Nusantara.

Gethuk Magelang memang menawarkan kekhasan tersendiri. Kekhasan ini dapat dilihat dari warnanya yang mencolok, dengan kombinasi putih, coklat, hijau, dan merah muda. Semua warna ini dibuat dengan pewarna alami dan pewarna makanan sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Teksturnya juga terasa sangat lembut, dan rasa manisnya berasal dari gula alami baik dari gula pasir maupun gula aren.

Di Magelang sendiri, terdapat banyak sekali merek-merek gethuk. Ada gethuk Trio, Eco, Tri Warna, Week, dan masih banyak lagi. Semua merek gethuk ini  adalah yang diproduksi oleh pabrik. Masih ada gehtuk lain yang sangat legendaries di Magelang ini, yaitu gethuk yang dibuat oleh Mbah Ali. Gethuk ini lebih terkenal dengan nama Gethuk Gondhok.

Gethuk gondhok ini sudah mulai diproduksi pada tahun 1940an. Saat itu, Mbah Ali Mohtar mengukus ubi dan kemudian menumbuknya sampai halus. Sesudah itu, tumbukan ubi tersebut dipisahkan dari seratnya sehingga hanya menyiskan dagingnya yang empuk dan lembut dan mencampurnya dengan gula. Pada awalnya gethuk ini hanya dibentuk bulat-bulat. Ternyata makanan ini mendapat tanggapan positif dari orang-orang di sekitarnya. Akhirnya, gethuk Mbah Ali ini mulai dikenal oleh banyak orang. Karena saat menjajakan makanan ini Mbah Ali sedang terkena penyakit gondhok, orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan ’gethuk gondhok’. Kelezatan gethuk gondhok ini terkenal sampai seluruh penjuru Magelang, bahkan sampai luar kota. Hal ini tentu saja membumbungkan nama Mbah Ali sebagai penciptanya.

Setelah Mbah Ali meninggal, ternyata gethuknya tidak surut. Usaha gethuk ini kemudian dilanjutkan oleh anak-anaknya, yang kemudian diwariskan pada cucu-cucunya. Sekarang ini, yang menjalankan bisnis gethuk ini adalah cicit-cicitnya. Ini berarti bahwa bisnis Gethuk Gondhok ini sudah diturunkan pada 3 generasi.

Jika Anda ingin menemukan Gethuk Gondhok ini, Anda dapat menemukannya di Pasar Rejowinangun di Magelang. Dari 8 orang yang berjualan di sana, 6 orang di antaranya adalah keturunan dari Mbah Ali Mohtar. Salah satunya berada di depan toko textil Panorama.

Jika Anda ingin melihat proses pembuatannya, Anda dapat berkunjung ke Karet Bulurejo, RT.05 RW. 03, Mertoyudan, Magelang.

How to get there:

  1. Angkot : Naik angkot jalur 3, 6, dan 10. Turun di Pasar Rejowinangun.
  2. Taksi : City Taksi

Kuliner lain yang harus Anda coba di Magelang adalah Tahu Pojok dan Rm. Es Eny .

Hotel terdekat adalah Hotel Puri Asri, The Oxalis Regency Hotel dan Saraswati Borobudur.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • resep getuk karet
  • getuk
  • gethuk
  • getuk magelang
  • tahu pojok magelang
  • gethuk magelang
  • cara membuat getuk karet
  • resep getuk magelang
  • resep getuk karet magelang
  • getuk karet magelang

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,