dari id.openrice.com

dari id.openrice.com

Untuk melengkapi selera makan-makanan manis Anda dalam daftar oleh-oleh liburan dari Bandung, Wajit Cililin menjadi pilihan yang tepat. Wajit cililin merupakan makanan yang  mengandung rasa manis nan legit. Terbuat dari komposisi gula pasir, gula aren, beras ketan, vanilli, dan  garam.

Makanan ini berasal dari Cililin, sebuah daerah di Bandung yang tepatnya ada di Bandung Barat, kurang lebih 40 km dari pusat kota Bandung. Cililin terletak di antara pegunungan yang sejuk lengkap dengan pemandangan alam yang eksotis. Dilalui oleh Sungai Citarum yang mengalir mengelilingi desa-desa di sekitarnya. Nama Cililin digunakan untuk makanan berwarna cokelat yang dibungkus dengan klobot (kulit) jagung.

dari kulinerianusantara.blogspot.com

dari kulinerianusantara.blogspot.com

Banderol harga untuk satu kilogram wajit ini cukup murah, berkisar antara Rp 13.000,- sampai Rp 15.000,-. Proses pembuatan wajit cililin tidak jauh berbeda dengan proses pembuatan dodol. Seluruh adonan dari bahan-bahan baku yang sudah disediakan dimasak dan diaduk di atas tungku sampai masak atau kalis. Setelah benar-benar kalis, adonan itu bisa dituangkan dalam wadah kemudian mulai dibungkus menggunakan klobot jagung. Wajit ini bisa bertahan lama jika ketika mulai dibungkus adonan wajit dalam keadaan yang benar-benar matang dan kemudian setelah dibungkus dikeringkan terlebih dahulu sampai benar-benar kering dibawah sinar matahari. Oleh karena itu, bagi Anda yang melewati Desa Cililin sampai Desa Cihampelas melihat di emperan rumah warga terjemur bungkusan dari klobot jagung jangan heran. Mereka hanya sedang melakukan proses produksi wajit cililin saja sesuai dengan tradisi.

Untuk memperoleh makanan ini, Anda bisa mendatangi outlet-outlet penjual oleh-oleh makanan khas Bandung diberbagai penjuru kota. seperti Toko Cinta Rasa yang buka dari Pukul 08.00 WIB sampai Pukul 22.00 WIB menjajakan jajanan khas Bandung. Anda juga bisa menjumpai wajit cililin di Jalan Alun-alun Cililin, Jalan Sasak Bubur dan di perempatan Cihampelas.  Untuk menemukan Toko Cinta Rasa, dari Bandung Trade Centre menggunakan kendaraan hanya membutuhkan waktu delapan menit malalui jalan Dr. Djunjunan. Toko Cinta Rasa ada di Jalan Dr. Djunjunan, No 29.

Beli wajit cililin maka jangan lupa beli dodol Garut, setelah itu mencicipi Mochilok sambil jalan-jalan ke Pasar Seni Taman Sari atau Kebun Seni Taman Sari.

Bagi Anda yang ingin menginap, di daerah Cihampelas ada pilihan tempat inap seperti  Aston Tropicana Hotel, Nalendra Hotel, Hotel Cihampelas 2, dan Hotel Cihampelas 1.

Lokasi salah satu penjualan wajit cililin

Lihat peta lebih besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 16 September 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

Incoming search terms:

  • wajik bandung bungkus kulit jagung
  • Wajit Cililin
  • Dodol dibungkus kulit jagung
  • harga wajit cililin
  • dodol kulit jagung
  • dodol cililin
  • wajit
  • dodol bungkus kulit jagung
  • resep dodol cililin
  • Komposisi wajit cililin

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,