Berbagai masakan Eropa dan Asia beramai-ramai menyerbu pasar kuliner Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Berawal dari serbuan aneka makanan cepat saji mulai dari fried chicken, hamburger, hot dog, donat, yang kemudian disusul dengan aneka pasta, pizza, dan lain-lain. Masakan-masakan Asia terutama dari China sudah terlebih dahulu masuk dan berakulturasi dengan masakan lokal. Kemudian disusul dengan hadirnya masakan Jepang, Thailand, India, dan yang terakhir adalah masakan Korea. Hadirnya masakan-masakan tersebut tidak lantas membuat kuliner dalam negeri lesu. Pasar lokal menghadirkan kembali menu-menu tradisional yang berakar pada lokalitas.

Hal ini pula yang dilakukan oleh Warung Nasi Bancakan, Bandung. Dengan membawa konsep kuliner tradisional Jawa Barat, Nasi Bancakan menjawab tantangan yang diberikan oleh dunia kuliner modern. Tempat makan ini menyediakan makanan khas Sunda unik tempo dulu yang sekarang ini jarang ditemui di tempat lain. Selain makanannya, penyajiannya pun tidak kalah menarik. Sayuran yang disediakan dihidangkan dalam baskom yang terbuat dari seng berwarna putih dengan motif bunga, persis seperti yang biasa digunakan untuk menyajikan sayur dan lauk-pauk pada jaman dahulu. Demikian pula dengan cangkirnya. Cangkir yang digunakan juga terbuat dari seng yang biasa kita temukan dalam film-film tahun 70-an. Furnitur yang dipilih semakin menambah kesan tradisional pada warung makan ini.

Menu-menu yang disajikan tentunya merujuk pada menu-menu tradisional, seperti ayam goreng, sayur asem, perkedel, aneka pepes, dan lain-lain. Ada juga beberapa menu yang mungkin masih asing bagi Anda, seperti ceos kacang merah, gejos cabe hejo, tumis lember, tumis kadedemes, hampas kecap, tumis suung, dan masih banyak lagi. Nasi yang disediakan juga tidak kalah uniknya, selain nasi liwet Anda juga dapat mencoba mencicipi nasi daun. Untuk lauknya, pengunjung dapat menikmati tumis picung, tumis genjer, buntil, uluketuk lenca, atau pindang lauh sawah. Sebagai penghilang dahaga, cobalah beberapa minuman unik yang berangkat dari minuman tradisional. Ada bandrek, minuman khas Sunda dengan jahe sebagai bahan dasarnya. Ada juga es goyobod, es cincau, bajigur, dan ada juga es kopi nyereng yang sangat unik. Es kopi nyereng merupakan campuran dari kopi hitam, susu kental manis yang diguyur dengan air soda dan dicampur dengan es. Ini menghasilkan minuman dengan cita rasa yang sangat unik dan istimewa.

Semua makanan ini dapat Anda nikmati dengan mengambil sendiri alias prasmanan. Tidak ada pelayan yang akan menyajikan makanan-makanan tersebut bagi Anda, silahkan pilih dan ambil sendiri. Sesudah itu, tinggal membayar apa yang sudah Anda santap. Sang pemilik warung sangat percaya bahwa Anda jujur dan meletakkan tanggung jawab untuk terus jujur dalam tangan Anda, seperti terkutip dalam kalimat yang terpampang di sana, yang berbunyi ”Omat…lamun dahar lima ulah ngaku hiji, da Gusti mah Maha Uninga, sing karunya ka emang..hehehe….” (artinya: Ingat…kalau makan lima jangan bilang satu, Tuhan Maha Mengetahui, kasihan dong sama Emang…hehehe…)

Jika Anda ingin berkunjung ke Warung Nasi Bancakan ini, silahkan datang ke Jl. Trunojoyo no.62, Bandung. Tempat ini tidak jauh dari Gedung Sate, hanya berjarak sekitar 300 meter saja.

Info pengunjung:

–          Jam buka Senin – Sabtu : 10.00 sampai 22.00. Hari Minggu buka: 09.00 sampai 22.00.

–          Harga mulai dari Rp2.500,-

Harga yang tercantum ter up date pada Agustus 2012. Harga sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kondisi.

Tempat kuliner lain yang dapat Anda kunjungi adalah Rumah Makan Alas Daun, Bebek Debus, dan Warung Lela.

Hotel di sekitar tempat ini antara lain : Hyatt Regency Hotel, Grand Serela Hotel, dan Sabang Hotel

How to get there:

  1. Angkot : Anda dapat menggunakan angkot berwarna hijau-oranye jurusan Dago-Abdul Muis.
  2. Taksi : Blue Bird (022) 756 1234, atau Gemah Ripah (022) 421 7070

Map

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • tempat makan di bandung
  • kue balok pajajaran
  • tempat makan di bandung yang enak dan murah
  • masakan bancakan
  • warung nasi unik
  • warung makan tradisional
  • pemilik rm bancakan
  • nasi bancakan jakarta
  • kuliner bancakan bandung
  • nasi sunda enak murah sekitar gedung sate

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,