dari kombisnet.ning.com

dari kombisnet.ning.com

Kuliner khas Indonesia begitu beragam. Kita mewarisi kreativitas dan inovasi tak terbatasnya para leluhur dalam bentuk berbagai resep makanan yang istimewa.  Keistimewaannya bahkan membuat negara asing ingin menguasai resep-resepnya, bukti termudah ialah pencarian bangsa barat akan rempah-rempah yang dijadikan sebagai bahan makanan. Kita tidak akan berlama-lama bicara sejarah, yang penting adalah daya tarik kearifan lokal kita terhadap resep makanan, obat-obatan, arsitektur, dan spiritual membuktikan peradaban leluhur kita memang telah membangun peradaban yang luhur.

Salah satu resep andalan masyarakat kita, utamanya masyarakat Sunda dari Kota Garut Provinsi Jawa Barat ialah makanan yang dinamakan Dodol. Dodol tersedia dalam berbagai pilihan rasa, seperti nanas, tomat, durian, coklat, dan lain-lain. Pilihan yang paling diminati ialah menu dalam kemasan picnic dan chocodot. Dodol ini termasuk dalam makanan camilan. Rasanya yang manis dan legit bisa membuat Anda ketagihan.

Orang kalau liburan ke Bandung tak pernah lupa untuk membawa oleh-oleh berupa makanan khas daerah Bandung, dodol selalu menjadi pilihan wajib bagi mereka. Anda pun saya rasa tak mau ketinggalan membawa dodol dari Garut bukan? Makanan ini bisa tersedia di warung-warung atau toko-toko pinggir jalan dan di pusat oleh-oleh di Bandung. Salah satunya bisa Anda dapatkan di kompleks Braga, tepatnya di Pasar Baru yaitu sekitar 10 km dari Jalan Braga atau di Kesambi sekitar 20 km dari Jalan Braga.

dari laptopku-laptopmu.blogspot.com

dari laptopku-laptopmu.blogspot.com

Dodol ini tidak hanya dikenal di Garut saja, tapi di Kalimantan Tengah ada  dodol yang disebut dengan dodol Kandangan. Di Jawa Tengah olahan yang sama dengan dodol Garut ialah jenang. Perbedaannya, jenang lebih lembek dan berminyak dan umumnya dijual dalam bentuk lempengan. Dodol dijual dalam bungkusan plastik kecil-kecil. Dodol original ala Garut berbahan dasar tepung ketan, gula merah, dan santan.

Berikut cara membuat dodol untuk Anda yang ingin praktik membuat sendiri makanan tersebut. Pertama-tama sediakan dulu bahan-bahannya, seperti satu kilogram tepung ketan, dua kilogram gula merah, dua ons gula pasir, dua sendok santan cair, empat sampai enam buah kelapa santan kental. Pengolahannya ialah dengan cara tepung dan irisan gula merah yang sudah halus dicairkan dengan santan cair, lalu direbus sampai kental lalu tuangkan santan kentalnya perlahan-lahan. Dalam keadaan di atas tungku, aduk terus sampai mengental atau kalis. Sesudah terasa kalis tuangkan adonan tersebut di atas tampah yang sudah dialasi kertas minyak. Setelah itu diolesi dengan minyak goreng sampai ratai. Dinginkan dulu baru kemudian digulung hingga bulat memanjang baru bisa dibungkus lagi dengan kertas minyak dengan ukuran sesuai selera.

Bagi Anda yang lebih suka beli sendiri datang saja ke salah satu penjual di pusat oleh-oleh di kota Garut. Untuk sampai ke tempat tersebut, Anda bisa lewat Jalan Jenderal A. Yani menuju Jalan Ciwelan dengan berkendara. Setelah itu belok kiri ambil jalan Ciledug. Dari Ciledug, 74 meter kemudian Anda harus belok kiri, sampailah Anda di Garut. Di pinggir jalan, Anda akan menemukan toko-toko yang menjajakan dodol. Setelah belanja dodol, tak ada salahnya mampir ke penangkaran rusa di Ciwidey, kemudian berburu karya lukis di Pasar Seni Taman Sari. Baru kemudian melanjutkan perjalanan lagi ke Taman Film yang tersedia gratis untuk Anda.

Untuk menginap, tersedia pilihan hotel di wilayah Jalan Setiabudi seperti Gumilang Regency Hotel, The Cipaku Garden Hotel, atau Grand Seriti Hotel.

Lokasi penjual dodol di kota Garut.

Lihat peta lebih besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 16 September 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • tempat jual dodol garut di jakarta
  • jual dodol garut di jakarta
  • dodol garut kiloan
  • jual dodol garut di jakarta selatan
  • jual dodol garut picnic di jakarta
  • dodol garut jakarta
  • dodol garut di jakarta
  • tempat jual dodol di jakarta
  • jual dodol garut
  • penjual dodol garut di jakarta

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,