Kota Bogor memiliki banyak kuliner khas yang unik dan patut untuk dicoba. Kuliner-kuliner ini bahkan mungkin belum pernah Anda dengar namanya sebelumnya, atau bahkan Anda tidak menyangka bahwa kata ini adalah nama sebuah kuliner khas. Sebut saja kuliner Doclang, Sate Gate, dan Cungkring.

Jika mendengar kata cungkring, yang terpikir mungkin adalah tubuh tinggi dan kurus kering. Cungkring memang sebutan yang diberikan untuk orang yang tinggi dan kurus kering. Di kota Bogor, kata cungkring memiliki arti yang berbeda. Cungkring di kota Bogor bahkan sangat disukai. Cungkring adalah kuliner khas Bogor yang berupa sate kulit sapi, kikil, atau daging hidung sapi. Cungkring semacam sate kere yang dijajakan di Solo. Kuliner ini merupakan kuliner tua yang sudah ada sejak jaman dahulu.

Cungkring biasa disajikan bersama lontong dan bumbu kacang dengan menggunakan pincuk daun pisang. Sate ini juga bisa disantap dengan nasi ketan putih bercampur kelapa parut. Kulit sapi yang digunakan sebelumnya diolah bersama bumbu kuning. Paduan antara sate bumbu kuning dan bumbu kacang menciptakan rasa yang luar biasa. Cungkring biasa disantap bersama tempe atau oncom goreng tepung. Kuliner cungkring sangat nikmat jika disantap saat masih hangat. Kenyalnya cungkring menciptakan sensasi tersendiri saat dikunyah dan pastinya dapat membuat Anda ketagihan.

Cungkring dapat dengan mudah dijumpai di kota Bogor. Kuliner ini dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional ataupun penjaja makanan keliling kampung gerobak pikul. Salah satu penjual cungkring dapat Anda temui  di Jl. Suryakencana Bogor, tepatnya berada di dekat perempatan Gang Aut. Penjaja cungkring ini adalah seorang bapak tua. Bapak ini menjajakan cungkring sejak pukul 07.00 WIB hingga habis. Pada akhir pekan biasanya cungkring telah habis terjual pada pukul 09.00 WIB. Untuk dapat menikmati cungkring lengkap dengan lontong dan tempenya, Anda hanya perlu membayar kurang dari Rp5.000,-.

How to get there:

  1. Angkot : Anda dapat menggunakan angkot 04A, 05, 06, dan 08.
  2. Taksi

Kuliner  yang dapat Anda kunjungi lainnya adalah Toge Goreng Pak Iwon, Cimory, dan Bakul Bogor.

Hotel terdekat adalah Santika Hotel, Rancamaya Golf & Country Club dan Aston Bogor Hotel and Resort.

Peta Lokasi :View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • resep cungkring
  • wisata kuliner bogor murah
  • kuliner bogor murah
  • resep sate cungkring
  • cungkring bogor
  • Cungkring
  • cara membuat cungkring
  • sate kikil bogor
  • resep cungkring bumbu kacang
  • sate kikil di bogor

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,