dari bandung.panduanwisata.id

dari bandung.panduanwisata.id

Colenak merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat. Kata “colenak” merupakan singkatan dari dicocol enak. Colenak dikenal sebagai tape bakar yang diberi kudapan yang dibuat dari peuyeum atau tape singkong yang dibakar lalu disantap dengan cara dicocol pada gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa.

Makanan ini berasal dari Bandung, pertama kali dikenalkan oleh Aki Murdi pada 1930. Teknik memasaknya terbilang cukup mudah. Kandungan gula dalam tapai tersebut membuat tape menjadi mudah gosong. Kepopuleran makanan ini kemudian diabadikan dalam lantunan tembang kawih degung Sunda hingga nyanyian anak-anak, salah satu bunyinya, “Colenak beuleum peuyeum digulaan.”  Colenak dijual dengan kisaran harga Rp 6000,-  sampai Rp 20.000,- tersedia dalam tiga piliha rasa yakni orisinal, nangka, dan durian. Salah satu tempat yang menjual colenak ialah ada di Colenak Murdi Putra, di Jalan Ahmad Yani, Bandung. Buka cabang juga di Setra Dago IV No 3, Antapani. Buka setiap hari, jam 10.00—22.00 WIB.

dari wisata.kompasiana.com

dari wisata.kompasiana.com

Resep membuat Colenak khas Jawa Barat yakni sediakan bahan berupa kurang lebih 500 gram peuyeum atau tapai singkong, 50 gram margarin, 100 gram kelapa muda kemudian diparut kasar. Sediakan bahan untuk sausnya berupa 200 mili liter santan dari setengah butir kelapa, 175 gram gula merah disisir halus, 2 lembar daun pandan diikat, dan ¼ sendok teh garam. Cara membuatnya pipihkan tape singkong kemudian bakar sambil diolesi margarin di atas bara api sampai warnanya berubah kecoklatan. Untuk sausnya, rebus santan, gula merah, daun pandan, dan garam dalam satu panci sambil diaduk sampai larut dan mendidih, kemudian tambahkan kelapa muda, aduk lagi sampai mengental. Sajikan tape bersama sausnya. Colenak siap dinikmati.

Lokasinya dekat dengan stasiun Timur Komputer (Stikom), untuk sampai ke lokasi outlet Colenak ambillah jalan ke arah utara Jalan Jenderal Ahmad Yani. Anda hanya membutuhkan waktu 3 menit untuk mencapainya. Setelah itu, Anda bisa menikmati wisata lain seperti melihat kerajinan bambu di Saung Angklung Udjo, bermain smabil belajar di Desa Wisata Cinunuk, dan di Jendela Alam.

untuk menginap, Anda bisa mencoba tempat inap di daerah Dago, seperti Scarlet Dago Hotel, The Jayakarta Bandung Suite Hotel & Spa, atau Dago Highland Resort.

Lokasi Colenak khas Jawa Barat di Jalan Ahmad Yani.

Lihat peta lebih besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 15 September 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

Incoming search terms:

  • manfaat colenak
  • gambar colenak
  • kandungan dari colenak
  • lihat gmbar colenak com
  • makanan colenak ala cafe
  • alamat cabang colenak murdi putra
  • Manfaat dan kandungan colenak
  • manfaat dari colenak
  • manfaat dari makanan colenak
  • manfaat kawih colenak

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,