www.itsol.us

www.itsol.us

Tidak perlu ragu lagi untuk menyerbu destinasi kuliner berikut ini. Namanya Martabak Nikmat dan terletak di depan Pasar Andir Jalan Jendral Sudirman 413, Bandung, sehingga lebih dikenal dengan sebutan Martabak Andir. Ikon kuliner, Bondan Winarno, bahkan pernah melakukan liputan acara televisinya di sana, dan nikmatnya memang top markotop.

www.thefreakyteppy.com

www.thefreakyteppy.com

Martabak Nikmat Andir bukanlah penjual kemarin sore, kelezatannya sudah terkenal sejak tahun 1975. Kini usaha legendaris itu berada dibawah pengelolaan generasi ke dua yang masih mengandalkan olahan martabak manis sebagai primadonanya. Di Bandung martabak terbagi dua, pertama adalah martabak manis dengan segala macam toping seperti cokelat, kacang, keju, susu, hingga toping buah-buahan. Di daerah nusantara lain istilah martabak manis adalah kue terang bulan. Sedangkan untuk martabak telor, warga kota kembang menyebutnya martabak asin. Setiap hari, terlebih saat akhir pekan, orang-orang berkumpul di depan Pasar Andir untuk membeli martabak sebagai camilan malam mereka. Ada yang memang sudah menjadi langganan, ada pula yang baru pertama kali mencoba. Meski selalu “digulung” –istilah Bandung untuk kerumunan orang banyak– pelayanan para pegawai Martabak Andri ini cukup sigap dan cepat. Tak jarang bahkan sang pemilik ikut turun ke dapur melayani pembeli.

www.dadidoanksmkpgri2.blogspot.com

www.dadidoanksmkpgri2.blogspot.com

Kue terang bulan racikan Koko Beni ini terkenal memiliki banyak varian. Meski harganya cukup mahal, tapi semua itu sebanding dengan kualitas yang didapat. Kualitas yang dimaksud adalah dari segi bahan, porsi toping, dan tentu saja rasa. Sebutannya memang martabak manis, tapi rasanya sangat pas dan tidak menimbulkan efek giung atau terlalu manis. Selain itu adonannya sangat lembut, kulitnya benar-benar garing, dan tidak terlalu tebal. Selain itu tidak berminyak seperti martabak pada umumnya. Penggunaan mentega atau butter hanya tipis saja, baik bagian dalam maupun luarnya. Ada banyak toping yang disediakan dari yang mulai standar seperti cokelat, keju, hingga buah-buahan layaknya durian, pisang, nangka, cherry, belimbing, dan paling favorit adalah jagung keju. Selain itu menu tak kalah nikmat adalah martabak kopi, capuccino, nutella, kit-kat green tea, juga toblerone. Martabak Andir pun memiliki menu unik martabak tipker alias tipis kering sehingga menyerupai crepes namun sedikit lebih tebal.

Kocek yang harus dirogoh untuk menjajal kenikmatan Martabak Nikmat Andir ini mulai dari Rp. 30.000 – Rp. 70.000. Waktu operasionalnya pukul 17.00 – 00.00, tapi tak jarang sebelum tengah malam pun adonan sudah habis. Tempat ini dapat dicapai menggunakan angkot rute Cibogo Atas – Halte Andir/Elang (warna biru muda, strip hijau), Cikudapateuh – Ciroyom (kuning, strip putih), atau Ujung Berung – Elang (biru muda, strip krem) dan minta diturunkan di Pasar Andir.

Selama di Bandung Anda dapat menginap di Hilton Bandung Hotel, Garden Permata Hotel, atau Concordia Hotel Bandung. Tempat kuliner lezat lainnya adalah Cuanki Serayu, Bistik Astana Anyar, atau Kedai Cceker Setan.

Peta Lokasi

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 Oktober 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • martabak andir
  • martabak green tea
  • martabak nikmat andir
  • martabak andir harga
  • martabak greentea
  • harga martabak andir bandung
  • martabak andir bandung
  • harga martabak nikmat andir
  • harga martabak andir
  • martabak Andri bandung

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , ,