Nagasari

Nagasari belajar-masak

Bersyukurlah menjadi salah satu warga Indonesia. Begitulah kiranya jika kita merupakan  salah satu penikmat kuliner lawas khas negeri sendiri. Karena disadari atau tidak, sejak kecil kita telah diperkenalkan puluhan warisan budaya khas Indonesia, dan tidak dapat dipungkiri salah satunya dikenalkan melalui beragam jajanan pasar. Nagasari salah satunya.

Nagasari merupakan salah satu makanan tradisional populer yang masih lestari hingga kini. Nagasari juga masuk dalam daftar panjang jajanan pasar yang masih banyak dicari oleh para penikmatnya. Buktinya saja meski terlihat sederhana, namun camilan yang satu ini masih kerap dihidangkan dalam beragam acara keluarga hingga acara hajatan besar seperti alternatif snack dalam acara pernikahan.

Meski dominan rasa manis, namun makanan jaman dulu terkenal enak namun tidak eneg. Selain karena dibuat hanya dengan bahan-bahan alami, aneka jajanan lawas umumnya dimasak dengan menggunakan tungku berbahan bakar kayu sehingga makanan yang dimasak menjadi matang sempurna. Dan satu lagi, nagasari dibalut dengan daun pisang sehingga mampu menambah aroma yang lezat pada setiap gigitan makanan berisikan pisang ini.

Nagasari

Nagasari effundens.wordpress.com

Layaknya seperti makanan tradisional lainnya, proses pembuatan nagasari terbilang cukup mudah. Anda hanya cukup menyiapkan beberapa bahan yang cukup murah seperti tepung beras, tepung tapioka, santan, gula pasir, daun pandan, pisang raja dan daun pisang secukupnya. Selanjutnya, Anda hanya perlu memasak santan, daun pandan dan gula hingga gula meleleh. Lalu larutkan sedikit demi sedikit tepung beras dengan api sedang. Aduk hingga menjadi bubur kental kemudian angkat ke dalam wadah. Dalam tempat terpisah potonglah pisang sesuai selera.

Ambil dua hingga tiga sendok adonan ke dalam daun pisang lalu masukkan potongan pisang raja sebagai isiannya. Satu yang unik dari pembuatan nagasari adalah bentuknya. Anda dapat melipat daun pembungkus nagasari sesuai dengan selera Anda. Umumnya makanan ini dibungkus dengan cara melipat kedua sisi daun ke bagian tengah hingga kedua ujung daun saling bertumpu satu dengan yang lainnya. Jangan lupa mengunci sisi tengah dengan menggunakan lidi. Setelah itu, kukus lagi sekitar 30 hingga 45 menit atau hingga adonan menjadi matang. Nagasari lebih enak disantap saat masih hangat. Sebagai salah satu jajanan tradisional yang masih eksis, Anda masih dapat menemukan nagasari di beragam pasar di Jogja. Pasar Kranggan salah satunya. Pasar ini memang dikenal sebagai sentra jajanan tradisional di Jogja. Selain itu Anda juga dapat menemukan makanan ini beberapa toko roti ternama seperti di Larizo Cake&Bakery. Dimanapun sedang berlibur, sempatkan untuk menikmati beragam jajanan tradisional khas Indonesia ya!

Nikmati juga aneka mie khas Bantul: mie lethek, mie pentil, bakmi Jawa

Hotel murah di Prawirotaman: Eclipse Hotel, Brongto Hotel, Oasis Hotel Jogja

Peta lokasi Bika Ambon Larizo Cabang Suryodiningratan: view map larger

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 13 Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • nagasari
  • naga sari
  • acara kuliner lawas
  • nagasari jogjakarta
  • nagasari terkenal
  • makanan khas lombok namanya nagasari
  • makanan khas karanganyar bungkus daun pisang
  • makanan khas hajatan dari daun pisang
  • makanan khas gunung kidul dari tepung beras yang di bungkus daun pisang
  • makanan kecil yg di bungkus dengan daun pisang dari daerah jawa tengah

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,