dari www.thebalidaily.com

dari www.thebalidaily.com

Liburan ke Bali enaknya tidak hanya menikmati pesona bentang alamnya saja. Panorama seribu pura, lekuk garis pantai dan pegunungan memang indah dan menyejukkan mata, tapi semua itu tak lengkap bila saat memandangnya tak ditemani dengan sajian yang enak. Makanan enak khas Bali akan menyempurnakan kunjungan Anda di sana.

Cobalah mampir ke sebuah warung sederhana yang terkenal dengan nama Warung Made Bencong. Di sana, Anda pesan menu tipat cantok. Anda bingung, makanan apa itu? tipat cantok Bali berasal dari kata ‘tipat’ yang artinya ketupat dan kata ‘cantok’ yang artinya diulek. Kombinasi unik dari kedua hal itulah yang menjadikannya dinamai tipat cantok.

dari www.pergidulu.com

dari www.pergidulu.com

Tak berbeda dengan ketupat-ketupat yang lain, ketupat asli Bali ini juga dibuat dari beras yang dibungkus dengan janur yang sudah dianyam berbentuk segi empat dan direbus selama 3 jam. Setelah matang, ketupat diiris dengan bentuk dan ketebalan sesuai selera. Ketupat ini kemudian dilengkapi dengan bumbu dan sayuran sebagai pelengkap selera. Bumbunya terbuat dari kacang, gula merah, bawang putih, cabai, garam, kencur, jeruk limau yang diulek. Sayuran yang melengkapi hidangan ialah seperti kacang pancang, tauge, kubis, dan disertai dengan telur. Di atasnya ditaburi bawang goreng, sehingga harum baunya menggugah selera makan.

Kalau Anda belum punya gambaran bentuknya, lihatlah gado-gado yang ada di Jawa. Hidangan tipat cantok mirip seperti itu, nah, tipat cantok merupakan gado-gado kenamaan versi Bali.

dari blog.kutaraya.com

dari blog.kutaraya.com

Tipat cantok Bali ini juga menjadi sajian persembahan kepada para Dewa dalam upacara-upacara keagamaan, utamanya pada Hari Raya Nyepi. Di Bali, terkenal ada beberapa jenis tipat, yakni tipat nasi yang berbentuk persegi dan tipat taluh yang berbentuk panjang melingkar. Tipat taluh merupakan tipat yang paling sering dijadikan bahan baku pembuatan tipat cantok.

Kalau Anda sudah lelah jalan-jalan, mampirlah ke Warung Made Bencong lalu nikmati sajian tipat cantok. Warung Made Bencong buka pada Pukul 08.00 WITA dan tutup sore hari setelah bahan makananya habis terjual sehingga waktunya memang tidak dapat ditentukan. Warung ini terletak di Jl. Turi No. 25, Kesiman, Denpasar. Dari Bali Movie Request, Anda hanya perlu melalui Jl. Hayam Wuruk dan Jl. Drupadi. Tetaplah di Jl. Drupadi, tengoklah kanan jalan, karena Anda harus memasuki jalan kecil, Jl. Turi No 25. Tujuan Anda ada si sisi kanan jalan tersebut. Selamat menikmati!

Setelah itu nikmati sajian sarapan enak di Seniman Coffee, Biku Cafe, dan Canteen Cafe Canggu di Bali.

Selama di Bali, Anda bisa menginap di Pemandangan Laut Villa, Harrad Hotel & Resort, atau Tamukami Hotel.

Lokasi Warung Made Bencong, Denpasar, Bali

Lihat peta

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 10 Desember 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • tipat cantok
  • warung tipat cantok
  • tipat cantok bali
  • tipat khas bali
  • tipat cantok yang buka mala
  • tipat cantok ratna jalan drupadi
  • tipat cantok made bencong
  • tipat cantok lombok
  • tipat cantok khas bali
  • tipat cantok di yogyakarta

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,