19 soto kuning

Bogor memang kaya akan tujuan wisata termasuk destinasi wisata kuliner. Saat berkunjung ke kota tersebut, pastikan Anda menyempatkan diri untuk mencicipi salah satu makanan khasnya yaitu Soto Kuning.

Soto Kuning sangat cocok disantap di kota dengan hawa yang sejuk seperti Bogor. Kawasan yang termasuk bagian Propinsi Jawa Barat itu memiliki hawa sejuk karena terletak pada ketinggian 190 sampai 330 meter di atas permukaan laut. Selain itu, curah hujan di sana mencapai 3.500 – 4.000 mm, angka yang tinggi sehingga dijuluki kota hujan.

Sesuai namanya, Soto Kuning memiliki kuah berwarna kuning. Warna tersebut berasal dari penggunaan kunyit. Pembuatan salah satu hidangan tradisional Bogor itu juga memanfaatkan santan dan kaldu sapi sehingga terasa lebih gurih. Rasa khas Indonesia semakin terasa dengan tambahan rempah lain seperti jahe, asam Jawa, serai, kemiri, lada, serta ketumbar.

19 soto kuning bogor

Isian utama Soto Kuning adalah jeroan sapi. Tetapi bila kurang menyuaki paru atau babat, pecinta kuliner dapat memilih isian lain sesuai selera misalnya daging atau daging bagian kepala sapi. Biasanya soto khas Bogor tersebut juga disajikan bersama perkedel kentang. Pelengkap lain yang membuat hidangan itu semakin lezat adalah jeruk nipis, emping melinjo, kecap manis, dan tentu saja sambal cabai rawit.

Ada beberapa tempat yang menjajakan Soto Kuning di Bogor. Meski demikian yang paling terkenal adalah warung Soto Kuning Pa Yusuf di Jalan Surya Kencana. Di tempat tersebut, Soto Kuning Bogor dijual dengan harga Rp 25.000 per porsi. Tempat bersantap yang dikelola turun-temurun hingga generasi ketiga itu buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00.

Ingin menikmati makanan khas Bogor lain? Silakan cicipi berbagai jenis asinan Bogor seperti asinan buah, asinan sayur, juga asinan campur. Nikmati pula geco atau taoge goreng yang segar dan sehat. Anda juga bisa mencicipi gurihnya daging empal sapi yang dimasak menjadi gepuk di tempat makan Gepuk Karuhun.

19 soto kuning pa yusuf

Bila ingin menikmati nikmatnya Soto Kuning Pa Yusuf, silakan datang langsung ke kota hujan. Dari Jakarta, silakan ikuti Jalan Tol Jagorawi. Selanjutnya belok kanan ke Jalan Pajajaran di ujung jalan tol tersebut. Setelah kira-kira 400 meter, belok kanan ke Jalan Otto Iskandardinata. Ikuti jalan itu hingga masuk ke Jalan Ir H Juanda. Terakhir, belok kanan setelah menempuh jarak 21 meter untuk sampai Jalan Surya Kencana.

Selain Soto Kuning, Bogor juga masih memiliki banyak kuliner tradisional yang tidak kalah lezat. Anda bisa mencoba doclang atau gepuk. Ada juga Roti Unyil yang cocok dijadikan oleh-oleh.

Selama berwisata di Bogor, Anda bisa menginap di Santika Hotel, Aston Bogor Hotel and Resort, atau Hotel Salak The Heritage.

Peta Lokasi : Lihat Peta Lebih Besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 1 Maret 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • soto kuning
  • resep soto kuning
  • soto kepala sapi
  • gepuk daging sapi
  • soto kuning enak di bogor
  • soto kuning kepala sapi
  • soto kuning nikmat di jl pajajaran bogor
  • soto kuning khas bogor
  • soto santan kuning
  • soto kuning daging kepala

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,