6 sayur besan tangerang

Jika Bekasi punya Sayur Gabus Pucung, maka saat berkunjung ke Tangerang pastikan untuk mencicipi Sayur Besan. hidangan tersebut tidak hanya menawarkan rasa khas tetapi juga sarat tradisi. Sesuai namanya, mulanya tersebut disajikan saat hendak melangsungkan pernikahan (prosesi besanan). Masakan tersebut menjadi salah satu simbol adat dalam pesta perkawinan masyarakat Betawi.

Munculnya Sayur Besan tidak terlepas dari keberadaan kebun tebu di Batavia dan Tangerang pada pertengahan abad ke-17. Sayur Besan adalah sayur berkuah santan dengan terubuk atau trubuk. Masyarakat Jakarta dan Tangerang kerap menyebut trubuk sebagai bunga tebu. Trubuk tergolong sayuran musiman. Musim panennya biasanya berlangsung sebelum Hari Raya Idul Adha.

6 trubuk

Bunga tebu berasal dari pohon tebu yang kerdil. Trubuk umumnya memiliki diameter antara 15 sampai 20 milimeter. Sebelum dikupas, bentuknya mirip seperti seperti serai (sereh). Sedangkan bagian dalamnya berwarna putih dan tidak beruas. Tekstur permukannya sekilas mirip kumpulan telur ikan gabus. Karena persamaan inilah sayuran ini disebut juga telur tebu.

Sayur Besan memiliki empat komposisi utama yaitu terubuk, petai, kentang, serta bihun. Ada pula bahan tambahan berupa buncis (atau kacang panjang), wortel, dan labu siam. Untuk menambah rasa, makanan tradisional tersebut juga kerap ditambah ebi atau udang kering. Sedangkan warna kuning pada kuahnya berasal dari kunyit.

6 sayur besan

Saat ini memang agak sulit untuk mencicipi Sayur Besan. Banyak pedagang masakan khas tersebut yang gulung tikar. Penyebabnya adalah kelangkaan trubuk yang merupakan bahan utama. Kelangkaan tersebut membuat harga telur tebu meningkat hingga mencapai puluhan ribu rupiah per ikat. Meski demikian Anda tidak perlu khawatir bila ingin menyantap sayur gurih dan lezat ini. Anda bisa datang ke Warung Mpo Iyoh.

Warung Mpo Iyoh terletak di Jalan Ir H Juanda, Ciputat Timur, Tangerang Selatan. Di sana Sayur Besan dijual dengan harga Rp 8.000 per porsi. Untuk menuju ke sana Anda dapat menggunakan bus antarkota dari Jakarta dan turun di Terminal Ciputat. Dari sana ganti menggunakan bus P21 atau S621 untuk sampai di Jalan Ir H Juanda.

Selain menikmati kuliner khas, Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan khas saat datang ke Tangerang yaitu Gambang Kromong dan Tari Cokek.

Selama berwisata ke Tangerang, Anda dapat menginap di Kinari Residence, Aston Paramount Serpong Hotel and Conference Cente, atau Hotel Santika BSD City Serpong.

Peta Lokasi : Lihat Peta Lebih Besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 1 Maret 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • sayur besan
  • resep sayur besan tangerang
  • sayur besan tangerang
  • tebu telur
  • telur tebu
  • sayur telur tebu
  • sayur tebu telur
  • sayur besan khas tangerang
  • sayur tebu
  • telor tebu

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,