dari kratonmadura.wordpress.com

dari kratonmadura.wordpress.com

Sewaktu acara khusus atau perayaan hari raya idul fitri Anda pernah menjumpai sagon dihidangkan di meja? Sagon memang unik. Dibuat dengan cara yang unik juga. Hidangan tradisional ini wajib Anda coba saat Anda menemukannya. Saat masih panas, aroma wangi dari bahan bakunya yang berupa buah kelapa dibakar sangat menggoda.

Benar, kue sagon dibuat dari buah kelapa. Cara membuatnya pun tak rumit. Sediakan terlebih dahulu tepung ketan, parutan kelapa, gula pasir, juga sedikit vanili. Kepala yang baik untuk dibuat menjadi sagon ialah kelapa yang usianya tak terlalu muda dan juga tak terlalu tua, orang Jawa menyebutnya kelapa degan.

Adonan dari bahan-bahan itu dimasukkan ke dalam loyang. Cetakan berbentuk bulat atau bisa juga persegi, sesuaikan saja dengan selera. Cetakan itu langsung diletakkan di atas arang yang sebelumnya sudah disiapkan.  Arang yang panas juga diletakkan dalam loyang, kemudian loyang itu digunakan untuk menutupi adonan yang sedang dipanggang di atas arang. Proses ini akan menghasilkan warna cokelat pada sagon. Setelah matang, sagon bisa dihidangkan di atas piring atau ditata dengan rapi di dalam toples.

dari resepmasakantop.com

dari resepmasakantop.com

Sagon yang terkenal ialah sagon khas Wonosobo. Sagon Wonosobo terkenal dengan bentuk bulat dan memiliki cekungan di tengah. Sagon Wonosobo ini banyak di jual di Pasar Induk Wonosobo sejak Pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Menikmati sagon hangat yang baru dikeluarkan dari cetakan itu terasa nikmat dan hangat. Ditambah dengan suasana pasar tradisional yang penuh dengan kehangatan antara penjual dan pembeli memastikan Anda mendapatkan petualangan yang tidak didapat bila membeli dan langsung dibawa pulang. Di pasar tradisional, Anda bisa bercanda dan sekaligus membangun pertemanan dengan pedagang.

Harga satu buah sagon khas Wonosobo yang berdiameter sekitar 20 centimeter itu adalah Rp 1.200,-. Namun ada juga yang dihargai Rp 2.000 sampai Rp 5.000 untuk satu buahnya, tergantung ukuran.

Banyak wisatawan yang membawa kue sagon ini hingga dataran Dieng di Wonosobo. Kue sagon nikmat untuk dijadikan cemilan sambil menikmati pemandangan. Lebih nikmat lagi ketika Anda menikmatinya bersama segelas teh tawar.

Nikmati juga aneka kuliner khas Indonesia seperti Combro, Bebek Garang, dan Mie-Tul Anan.

Pilihan hotel di Jawa Tengah Kusuma Sahid Prince Solo Hotel, Sahid Jaya Solo Hotel, atau Best Western Premier Hotel

Lokasi pasar Induk Tradisional Wonosobo,

Lihat peta

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 10 Desember 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

 

Incoming search terms:

  • makanan khas wonosobo
  • sagon khas wonosobo
  • sagon wonosobo
  • harga kue sagon
  • www cara buat kue sagon khas solo
  • sagon khas wonosobo beli
  • sagon khas magelang
  • sagon ketan-kue khas wonosobo
  • sagon gurih
  • Sagon garang

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , ,