www.klikunic1.blogspot.com

www.klikunic1.blogspot.com

Malam hari adalah waktu paling favorit untuk berburu kuliner di Bandung. Salah satu tempat yang cukup legendaris dengan kuliner malamnya adalah Jalan Gardujati. Daerah Pecinaan kota kembang ini berubah dari jalanan yang padat kendaraan pada siang hari menjadi padat gerobak jajanan di malam hari. Kelezatan berbagai makanan di sana bisa terukur dari keramaian orang yang tak lelah mengantre demi memanjakan lidah dan perutnya.

www.myfunfoodiary.com

www.myfunfoodiary.com

Jalan Gardujati adalah terusan dari Jalan Pasirkaliki setelah Stasiun Kereta Api. Jalan ini tembus hingga Jalan Sudirman dan letaknya hanya sekitar 3 kilometer dari Alun-Alun Bandung atau Masjid Agung Jawa Barat. Sejak zaman Belanda Jalan Gardujati menjadi salah satu daerah pemukiman etnis Tionghoa bersama kawasan Banceuy dan juga Pasar Baru. Tempat ini juga terkenal sebagai pusat hiburan malam tertua, di sana terdapat banyak diskotik, pub, karaoke, dan yang paling membuatnya populer adalah Gang Saritem. Terlepas dari lokasi berkonotasi negatif tersebut, Gardujati juga melayani masyarakat dari kenikmatan kulinernya. Dari mulai senja hingga dini hari puluhan gerobak kaki lima menghiasi trotoar di  kiri kanan jalan. Beragam makanan tersaji mulai dari jajanan masa kini hingga legendaris, halal juga non-halal, hidangan laut, soto, hingga warung Padang, semua ada dengan harga ramah di kantong.

www.gopixpic.com

www.gopixpic.com

Menikmati kuliner malam Gardujati jangan lewatkan menikmati jajanan lawas wedang ronde. Terdapat tiga penjaja minuman hangat ini, yang paling otentik tentu saja Ronde Jahe Gardujati 1986. Terdapat 6 jenis ronde tersedia untuk memuaskan selera pelanggan dan yang paling harus dicoba adalah ronde durian. Ukuran rondenya sedang dan sangat lembut, terbuat dari tepung beras ketan kemudian bagian dalamnya berisi daging durian monthong. Selain itu juga ada kembang tahu yang diolah dari susu kedelai sehingga menghasilkan lembaran kembang tahu lembut dan lumer di lidah. Pengunjung bisa memilih satu dari dua pilihan kuah yaitu jahe gula merah atau jahe gula tebu. Satu porsi dijualnya mulai dari Rp. 13.000 – Rp. 15.000 namun Anda harus sabar mengantre. Jarak satu gerobak dari wedang ronde legendaris ini adalah pedagang bola ubi lezat. Bola-bola ubi ini terbuat dari tepung sagu dicampur ubi merah dan dibanderol Rp. 1.000 per pcs. Bila ingin lebih mengisi perut di Gardujati juga terdapat penjual roti kukus, nasi goreng, nasi lada hitam, tom yam, bubur ayam, juga ragam sup.

Kuliner Malam Gardujati setiap harinya beroperasi mulai pukul 04.00 – dini hari. Untuk mencapai tempat ini ada baiknya Anda memarkir kendaraan di satu tempat, bisa alun-alun atau Jalan Kebon Jati, kemudian berjalan kaki ke Gardujati.

Selama di Bandung Anda dapat menginap di Horison Bandung Hotel, Amaroosa Hotel, atau Hilton Bandung Hotel. Kuliner lezat lainnya adalah Dapur Bomb, Makan Malam Murah di Taman Lalu Lintas, dan Mie Bakso Joko Sirod.

Peta Lokasi

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 November 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • sate dj bandung
  • gardujati
  • gardujati bandung
  • kuliner gardujati bandung
  • gardu jati
  • kuliner gardujati
  • kuliner di gardujati bandung
  • ronde jahe gardujati
  • makanan enak di gardujati
  • bola ubi gardujati bandung

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , ,