Es Dawet

Es Dawet awkulinerologi.wordpress.com

Es adalah salah satu minuman menyegarkan yang disukai banyak kalangan, tak terkecuali warga lokal hingga wisatawan. Dawet sendiri merupakan salah satu kreasi unik dari tepung beras. Cara pembuatannya pun dapat dikatakan cukup mudah dan unik. Beragam bahan pembuatan dawet seperti tepung beras, tepung sagu, air, sedikit garam dan pewarna makanan yang sudah dimasak hingga kental akan dicetak menggunakan saringan yang ditempatkan di atas baskom berisi air es. Air es ini akan membentuk dawet seperti yang selama ini kita temui di berbagai penjaja es dawet.

Es dawet juga dikenal dengan nama es cendol. Warna cendol bermacam-macam. Jika tidak diberi pewarna tentu saja warna cendol akan berwarna putih tulang. Namun demikian ada pula dua warna cendol lain yang cukup populer, yaitu cendol yang berwarna hijau dan hitam. Bahan lain es dawet adalah kuah santan yang dibumbui sedikit garam sebagai penambah rasa dan sirup gula merah. Untuk menambah aroma pada sirup gula merah Anda dapat menambahkan nangka dan daun pandan.

Es Dawet

Es Dawet dwiandi.wordpress.com

Meski terlihat sederhana, jangan remehkan es legendaris yang satu ini. Nah bagi travel lovers yang mengagendakan untuk berkunjung di Jogja sekaligus penggemar berat minuman segar yang satu ini maka es dawet Dongkelan jangan sampai terlewatkan ya! Dongkelan merupakan nama salah satu perempatan terkenal di kawasan Bantul kota. Jika dihitung dari arah Pojok Beteng Kulon atau jalan Bantul nol kilometer, Dongkelan adalah perempatan kedua yang menghubungkan ruang jalan Bantul dengan ring road selatan. Kawasan Dongkelan ini merupakan salah satu spot kuliner yang cukup dikenal di area Jogja sebelah selatan. Tempat ini menawarkan beragam jajanan enak, mulai dari lumpia, sate, gorengan, martabak asin, martabak manis, es cincau dan tentu saja es dawet. Kawasan ini juga menyediakan beragam buah segar dan aneka bunga yang umum digunakan untuk dibawa ke pemakaman.

Es dawet Dongkelan dijual seharga Rp 2.500 per porsinya. Menariknya lagi, jika dibawa pulang, Anda akan mendapatkan porsi yang lebih besar karena sang penjual langsung menempatkan es pada plastik, tidak ditakar menggunakan gelas terlebih dahulu. Penjual es dawet di tempat ini hanya satu orang saja sehingga Anda tidak perlu kebingungan mencari penjual es dawet yang dimaksud. Soal rasa tak usah ditanya lagi! Segar, manis dan gurihnya pas. Tidak percaya? Coba saja! Selain menyediakan es dawet, penjual di tempat ini juga menyediakan beragam jenang (bubur) seperti jenang sumsum (baning) dan bubur mutiara sagu. Mau beli berapa, tinggal bilang saja! Tak hanya itu, tempat ini juga dititipi beragam jajanan pasar lho. Happy hunting travel lovers! Yuk, nyendol lagi!

Nikmati pula: wedang uwuh, mie ayam Tumini, geplak

Hotel murah di Jogja: Joglo Plawang Boutique Villa, D’Omah Boutique Hotel Yogyakarta, Hyatt Regency Yogyakarta Hotel

Peta lokasi jalan Dongkelan: view map larger

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 23  Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • es dawet beras
  • dawet putih
  • resep es cendol warna merah dan cendol ireng
  • dawet beras
  • resep dawet sagu
  • cara membuat dawet sagu
  • cara membuat dawet putih
  • dawet jowo
  • cendol beras putih
  • dawet sagu

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , ,