www.enter-tisha.blogspot.com

www.enter-tisha.blogspot.com

Hal ternikmat saat jalan-jalan adalah kesempatan untuk jajan. Terlebih jika jajanan yang dibeli adalah makanan khas satu daerah, seperti kue bandros. Kue khas Jawa Barat ini meskipun pamornya sudah menurun tetapi masih bisa ditemui di jalan-jalan kota Bandung. Jadi jangan lewatkan kesempatan mencicipi nikmatnya bandros Bandung.

www.plus.google.com

www.plus.google.com

Nama penganan khas Bandros menjadi inspirasi Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, meluncurkan bus double decker yang juga dinamai Bandros (Bandung Tour on the Bus). Hal tersebut sedikit demi sedikit mendorong naiknya kepopuleran kue bandros. Jajanan tradisional tersebut sebetulnya tak hanya terkenal di Bandung, kita bisa menemuinya di belahan daerah Jawa lain dengan nama berbeda. Seperti di Jakarta kerap disebut kue pancong dan disajikan dengan taburan gula putih. Di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur kudapan ini dinamai serabi rangin, orang Bojonegoro menyebutnya tratak jaran, sedangkan di Bali bernama haluman atau daluman. Bentuknya sama seperti kue pukis, yaitu setengah lingkaran dengan bagian luar berwarna cokelat sedangkan dalamnya putih. Bahannya terbuat dari tepung beras, daun pandan, santan, garam, serta parutan kelapa muda. Cara memasaknya dengan dipanggang dalam loyang yang memiliki lubang-lubang berbentuk setengah lingkaran.

www.simplyasep.com

www.simplyasep.com

Bandung memiliki keunikan sendiri. Bandros kota kembang terbagi menjadi dua jenis, yaitu asin dan manis. Bandros asin yang berwarna putih kecokelatan memiliki rasa asin gurih dan tidak pernah diberi taburan gula putih seperti di daerah lainnya. Sedangkan bandros manis warnanya lebih cenderung kuning kecokelatan dengan rasa seperti kue cubit atau kue pukis. Adonannya memang berbeda karena bandros manis terbuat dari campuran tepung terigu, telur, pandan, serta gula. Keduanya sangat lezat disantap saat masih dalam kondisi panas, pada sore hari, ditemani secangkir teh pahit hangat, dan cocok untuk mengganjal perut karena kandungan karbohidratnya lumayan tinggi.

Kue bandros dapat dibeli per potong atau satu rantai. Satu rantai atau satu baris loyang biasanya terdiri dari sepuluh potong bandros. Penjualnya ada yang berkeliling komplek perumahan dengan panggulan. Ada pula yang mangkal di sekolah atau pusat perbelanjaan dengan gerobak dorong, seperti di Jalan Sumatera (belakang BIP mall) dan di Jalan Cisangkuy (depan Yogurt Cisangkuy). Bandros Cisangkuy disebut dengan Bandros Gaul karena di sana terdapat beberapa modifikasi rasa seperti cokelat dan keju. Harganya cukup murah antara Rp. 7.000 – Rp. 10.000 untuk satu rantai.

Selama di Bandung Anda dapat menginap di The Ardjuna Boutique Hotel&Spa, Grand Aquila Hotel, atau Bandung Giri Gahana Golf Resort. Kuliner lezat lainnya adalah es lilin, Café D’Pakar, dan Baso Tahu Mang Ade.

Peta Lokasi

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 30 November 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • kue bandros
  • gerobak kue pukis
  • bandros
  • bandros makanan
  • kue bandros bandung
  • makanan bandros
  • gerobak kue pancong
  • cara membuat bandros green tea
  • nama lain kue bandros
  • jual bandros di jogja

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,