10 asinan-buah-bogor

Selain mendapat julukan ‘kota hujan’, Bogor juga dikenal sebagai kota asinan. Sebutan tersebut muncul karena kota di Jawa Barat tersebut memiliki banyak ragam asinan.

Asinan merupakan salah satu panganan khas Indonesia yang identik dengan Kota Bogor. Dalam KBBI, kata asinan didefinisikan sebagai sayur dan buah yang diawetkan dalam cuka dan selanjutnya dibumbui gula, garam, serta rempah-rempah. Bogor sebagai kota asinan memang kaya akan ragam asinan. Di kota tersebut asinan dibedakan menjadi tiga jenis yaitu asinan buah, asinan sayur, dan asinan campur.

Sesuai namanya, asinan buah terbuat dari buah-buahan. Asinan jenis ini dianggap sebagai asinan asli Bogor. Makanan tersebut merupakan hasil kombinasi berbagai buah tropis seperti mangga muda, papaya, jambu, nanas, kedondong, serta bengkuang.  Setelah direndam dalam larutan cuka, cabai, gula, dan garam, buah-buahan tersebut disajikan dengan kuah asinan yang segar diserta taburan kacang goreng.

10 asinan sayur bogor

Asinan kedua adalah asinan sayuran. Sekilas makanan ini mirip dengan asinan Betawi karena menggunakan bahan yang hampir sama. Bedanya, asinan sayur di Bogor memiliki komposisi yang lebih banyak. Asinan sayur Bogor dibuat dari campuran sawi asin, kol, mentimun, daun antanan, tauge, wortel, serta tahu.

Jenis asinan terakhir adalah asinan campur. Asinan ini dibuat menggunakan kombinasi buah-buahan dan sayur. Kuah yang digunakan juga tidak jauh berbeda dengan asinan buah dan asinan sayur yaitu terbuat dari kacang tanah, ebi goreng, gula, cabai, serta garam.

Anda dapat dengan mudah menemukan warung penjual asinan di Bogor. Meski demikian ada beberapa tempat yang rekomendatif untuk menyantap makanan tersebut, salah satunya adalah asinan Asli Bogor. Warung asinan itu terletak di Jalan Ir H Juanda nomor 90. Warung Asli Bogor disebut-sebut sebagai penjual asinan tertua di kota hujan. Tempat makan tersebut sudah beroperasi sejak tahun 1967.

10 asinan campur

Warung asinan Asli Bogor dapat dikunjungi mulai pukul 08.00 sampai 20.00. Satu porsi asinan di sana dijual dengan harga Rp 14.000.

Anda bisa bekunjunglangsung ke warung asinan Asli Bogor bila ingin mencicipi citarasa asinan Bogor. Untuk sampai tempat makan tersebut, Anda dapat menggunakan angkutan dari Terminal Kampung Rambutan dan turun di Terminal Bogor yang terletak tidak jauh dari lokasi warung. Anda juga dapat memanfaatkan kereta dan turun di Stasiun Bogor.

Selama berkunjung ke Bogor, sempatkan pula untuk datang ke Eco Art Park dan Jungleland Adventure Theme Park. Sebelum pulang, Anda dapat membeli Roti Unyil yang merupakan oleholeh khas kota hujan.

Selama berwisata di Bogor, Anda bisa menginap di Santika Hotel, Aston Bogor Hotel and Resort, atau Hotel Salak The Heritage.

Peta Lokasi : Lihat Peta Lebih Besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 1 Maret 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • asinan bogor
  • gambar asinan bogor
  • asinan buah
  • jual asinan bogor di jakarta
  • asinan
  • asinan buah bogor
  • asinan bogor di jakarta barat
  • Asinan Asli Bogor Kota Bogor Jawa Barat
  • Asinan bogor adalah
  • asinan bogor di jakarta

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,