12 gepuk

Asinan memang identik dengan Kota Bogor. Tetapi tahukah Anda bahwa kota hujan tersebut juga memiliki hidangan khas lain dengan rasa lezat? Masakan yang dimaksud adalah gepuk.

Sebagai makanan tradisional, tidak ada catatan pasti kapan pertama kali gepuk dibuat. Hidangan tersebut umumnya disajikan sebagai pelengkap nasi timbel. Nasi timbel sendiri merupakan salah satu ikon kuliner Sunda berupa nasi panas yang dibungkus daun pisang. Hidangan tersebut dahulunya adalah bekal para petani atau pejuang karena praktis.

Bila dilihat sekilas, gepuk tampak seperti dendeng atau abon. Masakan yang dahulunya merupakan hidangan khusus masyarakat kelas atas itu berbahan dasar empal sapi. Istilah ‘gepuk’ muncul karena ada proses memukul dalam pembuatannya empal dipukul-pukul terlebih dahulu.

12 Nasi Timbel gepuk empal

Berbeda dengan asinan yang dipengaruhi kultur Betawi, gepuk karuhun dibuat menggunakan resep dari Sunda. Sebelum dimasak, daging sapi dipukul-pukul terlebih dahulu. Proses tersebut dimaksudkan agar tekstur daging mudah lembut saat dimasak. Selanjutnya, daging yang telah digepuk diungkep dengan bumbu rempah. Setelah matang, daging sapi kemudian digoreng hingga kering.

Sebelum sampai ke meja pelanggan, salah satu hidangan khas Bogor itu diberi taburan bawang goreng dan parutan kelapa sehingga lebih kaya rasa. Ciri khas kuliner Sunda juga tampak pada penyajiannya yaitu menggunakan sambal dan lalapan. Kombinasi tersebut membuat gepuk karuhun nikmat disantap bersama nasi panas.

Salah satu tempat rekomendatif untuk menyantap gepuk adalah Gepuk Karuhun. Pemilik tempat bersantap tersebut menggunakan resep asli warisan keluarga untuk mengolah gepuk. Karena itulah restoran tersebut diberi nama ‘karuhun’. Dalam Bahasa Sunda, karuhun memang berarti leluhur. Selain lezat, tempat makan yang dirintis oleh Nyonya Tarjono itu juga menjamin hidangannya berkualitas dan halal.

12 gepuk karuhun

Gepuk Karuhun terletak di Jalan Sukasari 1 no.12A, Bogor. Tempat makan tersebut dapat dikunjungi mulai pukul 08.00 pagi sampai jam 21.00.

Bila ingin menikmati gepuk di Gepuk Karuhun, silakan datang langsung ke Bogor. Dari Jakarta, arahkan kendaraan Anda menuju kota hujan lewat Jalan Tol Jagorawi. Ikuti tol tersebut hingga ujung jalan dan belok kiri ke Jalan Pajajaran. Dua kilometer setelah melewati jalan itu silakan belok kiri untuk sampai Jalan Sukasari 1.

Selama berkunjung ke Bogor, sempatkan pula untuk singgah ke Pasar Ah poong. Tempat wisata kuliner tersebut terletak bersebelahan dengan Eco Art Park di BSD City.

Selama berwisata di Bogor, Anda bisa menginap di Santika Hotel, Aston Bogor Hotel and Resort, atau Hotel Salak The Heritage.

Peta Lokasi : Lihat Peta Lebih Besar

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 1 Maret 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • gepuk
  • Resep gepuk karuhun
  • gepuk karuhun bogor
  • resep gepuk karuhun bogor
  • resep gepuk
  • cara membuat gepuk karuhun
  • gepuk karuhun
  • gepuk bogor
  • sejarah gepuk
  • daging gepuk

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,