dari klikhotel.com

dari klikhotel.com

Bubur mangguh ini berasal dari daerah Tedjakula, Bon Dalem, Kabupaten Buleleng, Bali. Bagi Anda yang belum pernah mencicipi, silahkan mencobanya saat berkunjung ke Bali. Anda akan menemukan rasa pedas dan kaya akan bumbu saat menyantapnya. Sajian nikmat ini terasa lebih nikmat ketika disantap saat cuaca dingin.

Bubur Mangguh ini sering disebut juga Bubur Mungguh atau Mengguh. Dalam penyajiannya sering dicampur dengan daging ayam atau ikan, sayur dan bumbu lengkap. Kalau Anda ingin mencoba membuat sendiri, Anda bisa menyiapkan beras, air, garam, daun salam, santan kental, dada ayam, kacang panjang, kacang tanah, dan bawang goreng sebagai bahan dasar untuk membuat sajian lezat, Bubur Mangguh. Bahan untuk bumbunya Anda harus menyiapkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit bakar, kemiri, merica, ketumbar, dan garam secukupnya. Bahan untuk bumbu ini kemudian dihaluskan.

Cara memasaknya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memanaskan dua sedok minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Masukkan daging ayam daun salam, lengkuas, dan kaldu bubuk, kemudian tambahkan air. Masak sampai ayam matang dan bumbunya meresap. Setelah itu angkat. Saat sudah dalam keadaan dingin pisahkan ayam dari kuahnya.

dari www.sashylittlekitchen.com

dari www.sashylittlekitchen.com

Setelah itu, masuk tahap ke dua, yakni rebus beras sampai lunak. Tambahkan santan, garam, dan daun salam. Masak lagi sampai bubur mengental. Setelah itu masukkan kacang panjang yang sudah diiris. Masaklah sampai kacang panjang matang kemudian aduk rata. Setelah matang, angkat kemudian tiriskan. Anda juga harus membaut urap sebagai penggugah selera makan. Urap dibuat dari kelapa parut yang masih setengah tua. Siapkan  kacang panjang yang dipotong, bawang putih, cabai merah, terasi, kencur, gula merah, daun jeruk dan garam secukupnya itu ditumbuk sampai halus. Tambahkan dengan kelapa parut kemudian aduk rata. Kukus bumbu urapan sampai matang, kemudian angkat. Campur bumbu dengan kacang panjang yang sudah direbus.

Sajikan bubur dalam mangkuk kemudian sertakan kacang tanah goreng dan urap kacang panjang. Taburkan juga bawang goreng dan suwiran daging ayam atau daging ikan. Nikmati bubur selagi hangat. Di Bali, bubur ini dulunya hanya disajikan dalam upacara-upacara penting seperti upacara pernikahan, namun saat ini demi keperluan pariwisata, bubur Mengguh bisa Anda nikmati di beberapa restoran di Bali.

Kalau Anda merasa tidak ada waktu untuk membuat sendiri, Anda bisa membelinya selama di Bali. Anda bisa menemukannya di restoran kota Denpasar, di daerah Bali Utara yakni di Desa Tedjakula—Buleleng. Apabila Anda baru keluar dari Villa Boreh Beach Resort and Spa, Anda harus menuju arah barat daya untuk sampai di Desa Tedjakula—Buleleng. Laluilah Jalan Raya Singaraja, dengan berkendara Anda akan mencapai tempat itu dalam waktu sepuluh menit.

Selama di Bali jangan lewatkan Pura Tanah Lot, Pantai Kuta, dan kemegahan Pura Besakih.

Selama di Bali, Anda bisa menginap di Arya Amed Beach Resort, Bali Amed, Hidden Paradise Cottages, atau Double One Villas Amed.

Daerah Bali Utara, Desa Tedjakula—Buleleng

Lihat peta

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 3 November 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • bubur mangguh
  • cara buat ikan kuah santen ala desa bondalem
  • kuliner bali bubuh mangguh buleleng
  • bubur mangguh ala buleleng
  • cara membuat mangguh
  • cara membuat mengguh cina ala desa bondalem
  • makan di villa boreh
  • warung seafood pak soleh bali

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , ,